Pemdes Pondokkaso Tengah Bangun Jalan Lingkungan Usaha Tani Dari DD 2023

1

berantasonline.com (Sukabumi)

Pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Sukabumi terus berjalan, selain dilakukan langsung Pemkab Sukabumi juga dilakukan di tingkat Desa.

Salah satunya pembangunan Jalan Lingkungan Usaha Tani yang dilakukan Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi berlokasi di Kp. Tapos RT 006 RW 002 dan RT 002 RW 002, Rabu (12/07/2023).

Pembangunan Jalan Lingkungan Usaha Tani sangat penting, mengingat jalan tersebut merupakan akses perekonomian dan pertanian warga sekitar.

Salah satu tokoh masyarakat, Dadeng Suhandi (59), menyambut baik atas pembangunan jalan tersebut. Menurutnya, dengan adanya pembangunan jalan warga bisa lebih cepat sehingga jarak tempuh semakin dekat dan tidak butuh waktu lama untuk menjual hasil tani.

“Tentu saja kami sangat gembira jalan ini dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pondokkaso Tengah. Ini merupakan bentuk perhatian bagi para petani karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” ungkapnya.

Kepala Desa Pondokkaso Tengah, Agun Gunawan menyatakan, saya berharap dengan dibangunnya jalan usaha tani ini, akses perekonomian masyarakat semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian Desa.

“Sebagian besar warga menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, sehingga kebutuhan akses jalan usaha tani menjadi prioritas,” jelasnya disela-sela kesibukan saat memantau pekerjaan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pondokkaso Tengah, Dadan Ramdani menuturkan, pembangunan jalan usaha tani merupakan wacana yang sudah lama, namun baru saat ini bisa terealisasi dengan Volume 600 meter.

“Baru bisa terealisasi 600 meter, dari alokasi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 yakni sebesar Rp 62.468.750. Adapun untuk waktu pelaksanaan 7 hari kalender,” tandasnya.

(Ris/Bi)