Wabup Sukabumi Terima Tim Kunker Sekjen Wantannas RI Bahas Ketahanan Air Nasional di Pabrik Aqua Mekarsari Cicurug

0

berantasonline.com (Sukabumi)

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri menerima Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sekjen Wantannas) RI, Laksdya TNI, Dadi Hartanto, M.Tr (Han) bersama para pejabat di lingkungan Wantannas RI, dalam rangka Akselerasi Penguatan Ketahanan Air Nasional yang Berkelanjutan untuk mendukung Perekonomian dan Keamanan Nasional. Acara berlangsung di PT. Aqua Golden Mississippi (Danone), Mekarsari Cicurug Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/06/2023).

Kunker tersebut bertujuan untuk merumuskan Ketahanan Nasional meliputi unsur Geografi, Demografi, Sumber Kekayaan Alam, Ideologi, Politik, Ekonomi Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan. Karena meningkatkan Ketahanan Air Nasional menjadi salah satu prioritas yang dilakukan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan perhatian yang lebih besar dalam pengelolaan sumber-sumber air.

Dalam kesempatan tersebut, Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han) menjelaskan bahwa Wantannas RI sebagai representatif dari Pemerintah ikut mengupayakan peningkatan Ketahanan Air Nasional sebagai salah satu prioritas yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

“Ketahanan air yang berkelanjutan harus dimulai dengan perhatian yang lebih besar dalam pengelolaan sumber-sumber air. Pengelolaan itu menuntut adanya keseimbangan antara pemanfaatan dan konservasi. Ketahanan air yang didukung keterpaduan konservasi sumber daya air merupakan kunci dari pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Upaya pemanfaatan air, lanjut Dadi, memerlukan pengelolaannya tersendiri. Fokus pengelolaan pada tahap ini adalah untuk menjaga kualitas dan kuantitas air untuk masyarakat, termasuk untuk kegiatan ekonomi.

“Kekurangan penyediaan pasokan air baku, misalnya, mendorong rumah tangga dan industri untuk menggunakan air baku secara bertanggung jawab . Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan air baku, kualitas air mutlak untuk dijaga,” imbuhnya.

Sementara itu, Wabup Sukabumi dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya Kunjungan Kerja Tim Sekjen Wantannas ini sebagai Akselerasi Penguatan Ketahanan Air Nasional yang Berkelanjutan untuk mendukung Perekonomian dalam rangka Keamanan Nasional ke Fasilitas Produksi Aqua di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi sangat mendukung atas langkah-langkah yang dilakukan Tim Sekjen Wantannas seperti yang sekarang ini dilakukan telah sesuai dengan amanat regulasi. Kita tahu resiko dan ancaman Ketahanan Air yang tidak ditanggulangi, yakni berpotensi dan berisiko ancaman terhadap Ketahanan Air dimasa depan, yaitu kurangnya ketersediaan air,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup menerangkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi juga telah melakukan berbagai upaya kebijakan yang terkait dengan pemulihan dan pelestarian Sumber Daya Air.

“Dengan adanya Satuan Tugas Konservasi Sumber Daya Alam (Satgas KSDA) merupakan unsur Pentahelix sebagi Tim Kerja Kolaboratif dan Kegotong royongan Satgas di tingkat Kecamatan dan Desa, ini menjadi ujung tombak Gerakan Penanaman Pohon di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan Cindramata dari PT. Aqua Golden Mississippi kepada Tim Kunjungan Kerja Dewan Ketahanan Nasional dan Wabup Sukabumi.

(Alex/Ris)