Jajaran TNI Libatkan Pemkab Sukabumi Dalam Penanaman Pohon Mangrove Secara Serentak Di Muara Sungai Cimarinjung

2

berantasonline.com (Sukabumi)

Satuan Radar 216 TNI AU Cibalimbing bersama personel TNI lain mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove di Muara Sungai Cimarinjung Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Senin (15/05/2023).

Kegiatan tersebut juga melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, sejumlah Instansi Pemerintah, Pelajar, Pramuka, Organisasi Masyarakat dan warga masyarakat di sekitar wilayah pantai Palangpang.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 16.00 WIB itu dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia dengan lokasi utama di Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta.

Presiden Joko Widodo membuka kegiatan tersebut dengan membacakan statement penanaman mangrove nasional secara serentak yang ditandai dengan pemukulan kentongan bambu secara bersama-sama.

Di Muara Cimarinjung sendiri yang menjadi lokasi kegiatan penanaman mangrove untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, para peserta mengikuti rangkaian pembukaan kegiatan secara daring melalui video conference. Usai membuka kegiatan, Presiden Joko Widodo juga menyapa peserta dari berbagai wilayah Indonesia dengan vicon.

Sebanyak 1500 batang mangrove ditanam di Muara Cimarinjung. Dengan adanya pohon mangrove ini diharapkan kestabilan ekosistem di pantai Palangpang dapat terjaga dengan baik. Selain itu pohon mangrove juga bisa menjaga kelestarian sumber daya perairan laut dari berbagai aktivitas yang mengancam kerusakan lingkungan dan sumber daya laut pesisir pantai.

Dansatrad 216 Letkol Lek Zendra Mawan Lekasana, S.T., M.Eng., M.Tr.SOU., M.Han. menyampaikan, kegiatan penanaman mangrove secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh wilayah Indonesia ini mendapatkan penghargaan rekor MURI sebagai penanaman mangrove serentak terbanyak di Indonesia. Nantinya pohon mangrove ini akan menjadi pagar laut yang bisa menjaga kawasan pantai, khususnya terhadap ancaman gelombang tsunami yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Satrad 216 Cibalimbing bersama seluruh jajaran TNI dan masyarakat akan terus mendukung dan membantu program pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan laut dan pesisir. Salah satunya dengan melaksanakan penanaman pohon mangrove ini,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sukabumi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ade Setiawan, S.IP., para Perwira Staff dan Danramil jajaran Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, S.H., S.IK., M.H., Forkompimda Kabupaten Sukabumi, serta para Pejabat Instansi Pemerintah di lingkungan Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)