Satpol PP Kabupaten Sukabumi Bekerjasama dengan Direktorat Bea dan Cukai Dalam Pengawasan Peredaran Rokok Ilegal

3

berantasonline.com (Sukabumi)

Maraknya rokok ilegal yang tersebar di masyarakat dan tentunya dapat merugikan pendapatan negara, Satpol PP Kabupaten Sukabumi membantu upaya pengawasan peredaran serta mewaspadai modus oknum produsen dalam peredaran rokok ilegal.

Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi, Dody Rukman Meidianto mengatakan, penjualan rokok ilegal ini tentunya dapat merugikan negara, di mana rokok tersebut tidak membayarkan cukai kepada negara.

“Sebagaimana ketentuan Undang-undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, ada larangan penjualan rokok yang tidak dilunasi cukainya,” jelasnya, Sabtu (27/05/2023).

Dody mengatakan, Satpol PP Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Direktorat Bea dan Cukai dalam melakukan pengawasan peredaran rokok ilegal.

“Kami mewaspadai oknum produsen atau perusahaan yang nakal. Bahkan untuk mengelabui, biasanya oknum produsen maupun perusahaan melekatkan pita cukai palsu pada bungkus rokok,” bebernya.

Menurut Dody, pihaknya juga akan membantu menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan jual beli rokok ilegal. Pasalnya, dengan menjual atau membeli rokok ilegal, itu dapat merugikan negara.

“Tentunya kegiatan ini akan kami lakukan untuk menekan dan mencegah peredaran berbagai jenis rokok ilegal,” pungkasnya.

(Alex/Ris)