MUI Kabupaten Sukabumi Gencar Selenggarakan Qiyamul Lail Camp, Kali di SMAN 1 Cikidang Sukabumi

3

berantasonline.com (Sukabumi)

Demi mencetak generasi muda berkualitas, unggul, sholeh dan sholehah, MUI Kabupaten Sukabumi terus gencar selenggarakan Qiyamul Lail Camp dengan sasaran para pelajar tingkat SLTA yang nantinya bisa dijadikan contoh kepada adik-adiknya di tingkat SLTP maupun SD.

Program Qiyamul Lail Camp tersebut di gagas oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Sukabumi. Kali ini, Qiyamul Lail Camp diselenggarakan di SMAN 1 Cikidang Kabupaten Sukabumi, Kamis-Jum’at (18-19/05/2023).

Ketua Panitia Pelaksana, Januar Ependi yang akrab disapa Bung Alex dalam sambutannya mengatakan, atas pemikiran dan risau Ketua Umum dan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Sukabumi tentang pelajar-pelajar saat ini yang masih berani meninggalkan shalat berjama’ah. Sehingga dibuatlah program Qiyamul Lail Camp untuk tingkat SLTA, agar menjadi contoh tauladan bagi yang lain.

“Mereka adalah generasi penerus bangsa atau calon para pemimpin dimasa depan. Maka dari itu, perlu adanya pondasi yang kuat untuk menjadi umat terbaik. Bisa menjadi contoh di kalangan masyarakat dalam usaha memakmurkan masjid secara istiqamah,” ujarnya.

Diawali dengan Qiyamul Lail ini, lanjut Bung Alex, agar mereka bisa tertib hidup dan disiplin dalam menegakkan shalat berjama’ah di masjid. Sehingga mereka sendiri menjadi asbab hidayah bagi orang lain.

“Agar mereka mempunyai kualitas manusia spek tertinggi,” singkatnya.

“Ucapan terima kasih kepada Ketua Umum MUI Kabupaten Sukabumi, K.H. E Fatahillah Nadiri dan Sekretaris Umum, H. Ujang Hamdum, SH.I., MH. atas gagasannya. Sehingga terselenggaranya kegiatan ini dengan berjalan lancar dan sukses,” imbuhnya.

Perwakilan MUI Kabupaten Sukabumi merangkap jabatan Ketua Komisi Fatwa, K.H. Sofyan Saripudin membuka acara dengan membaca Ratib Al-Attas yang diikuti para peserta Qiyamul Lail Camp sekaligus dilakukan pengijazahan.

Sementara itu, Ustadz Muhammad Banjaran Arif Pamuncak memaparkan, Qiyamul Lail Camp ini, kegiatan yang sangat luar biasa. Dengan beritikaf di masjid dan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT merupakan sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sedangkan dalam ilmu fiqih, itikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan tata cara tertentu dan disertai niat.

“Sungguh kegiatan luar biasa, dan tentunya akan menjadi catatan serta kenangan bahagia kita semua. Semoga kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja berkualitas para pelajar SMAN 1 Cikidang ini mendapat ganjaran pahala, dan semoga semua kelak menjadi ahli-ahli Al-Qur’an yang akan memakmurkan agama di pelosok-pelosok negeri,” paparnya.

Lebih lanjut Ustadz Banjaran menjelaskan, dalam ajaran agama Islam disebutkan bahwa rukun atau sendi iman ada enam. Bagaikan sebatang pohon yang memiliki banyak ranting, keenam rukun iman pun memiliki banyak cabang.

“Ada 70 cabang iman, cabang iman yang paling utama adalah ucapan “Laa ilaaha illallah”, sementara cabang yang paling rendah adalah menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di jalan. Dan juga sifat malu sebagian dari iman,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Ustadz Syamsul Arifin, kegiatan Qiyamul Lail Camp diisi dengan memperbanyak amalan sunnah, melakukan berbagaimacam ibadah seperti membaca Al-Quran, tasbih, tahlil, tahmid, takbir, istighfar, membaca sholawat kepada baginda Rosulullah SAW, mentadaburi Al-Quran, membaca terjemahannya serta membaca hadits-hadits nabi dan membaca sirohnya.

“Begitu banyak manfaatnya dalam kegiatan ini. Sehingga waktu yang ada, selama 24 jam dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih, kita ini sedang itikaf di masjid dengan tujuan mendapat pahala serta keridhoan Allah SWT,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala SMAN 1 Cikidang, Sujiyono M.Pd.i merangkap guru PAI sekaligus mewakili Kepala SMAN 1 Cikidang, Hj. Dian Rosdiana S.Pd., M.Ak yang kebetulan tidak bisa hadir, Kepala Sekolah MTs. Jamiatul Khoirot, Syaiful Malik, S.Pd.I, Ketua MUI Kecamatan Cikidang, Deden Zaenal Mutaqin serta Jema’ah Tablig lainnya.

(Ris)