Pembinaan Satgas Linmas Desa, Satpol PP Jabar Bentuk “Salira” Di Kabupaten Sukabumi

1

berantasonline.com (Sukabumi)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pembentukan Satlinmas Juara (Salira) di wilayah Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut merupakan inisiatif Satpol PP Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Tujuannya untuk meningkatkan peran serta Satlinmas di masing-masing wilayah, guna memberikan pemahaman tentang fungsi Linmas dan juga kaitan dengan mitigasi kebencanaan.

“Kita melaksanakan pembentukan Satlinmas Juara (Salira) dalam rangka pembinaan Satgas Linmas Desa oleh Satpol PP Provinsi Jawa Barat ataupun Satpol PP Kabupaten Sukabumi,” ujar Ade Afriandi Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Kamis (04/05/2023).

Ade mengatakan, pembentukan Satlinmas ini sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 bahwa Pemerintah Daerah harus membentuk Satgas Linmas.

“Jawa Barat sudah memiliki Satgas Linmas Provinsi, dan ini juga salahsatu penguatan Satlinmas dengan memberikan pemahaman tentang funginya kaitan dengan mitigasi kebencanaan,” terangnya.

Lebih lanjut Ade menjelaskan, Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki potensi kaitan dengan bencana. Sehingga, antisipasi kebencanaan pun menjadi fokus semua pihak, salahsatunya Satlinmas.

“Karena kita tahu, wilayah Jawa Barat memiliki potensi kaitan dengan bencana. Oleh karena itu, terutama wilayah desa yang langsung dengan masyarakat, kita berikan pembinaan kepada Satgas Linmas. Ini khusus kaitannya dengan wilayah perbatasan, dan Cisolok ini Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berbatasan dengan Provinsi Banten,” tandasnya.

(Alex/Ris)