Disdik Akan Intensifkan Guru BK Serta Gandeng Polres Sukabumi Dalam Upaya Tanggulangi Kenakalan Pelajar

2

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam rangka upaya menangani dan menanggulangi permasalahan kenalan remaja terutama yang melibatkan anak sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi akan mengintensifkan peranan Guru Bimbingan dan Konseling (BK).

Plt. Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi mengatakan, peranan Guru BK sangatlah penting dan harus intensif dalam mendidik para pelajar, sehingga tidak fokus di bidang akademisnya saja.

“Pertama kita akan mengintensifkan peran Guru BK, karena selama ini Guru BK terlalu fokus ke bidang akademis, sehingga agak lupa dengan hal-hal seperti dikatakan tadi,” ujarnya seusai mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Selasa (02/05/2023).

Ia menyebut, peranan Guru BK di masing-masing sekolah masih terlihat minim, ditambah Sumber Daya Manusia (SDM) nya terbatas, sehingga tidak seluruh sekolah memiliki Guru BK.

“Tetapi yang namanya Guru BK tidak semua sekolah ada, kami akan melakukan kursus kilat bagi para wali kelas, sehingga sedikit memahami bagaimana melakukan hubungan konseling terhadap peserta didiknya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Jujun, peranan itu tidak hanya difokuskan untuk Guru BK, melainkan seluruh guru di masing-masing sekolah hingga peranan kepolisian setempat.

“Pertama kenakalan remaja ini menjadi konsen kita, kita sudah bekerja sama dengan Polres Sukabumi dan kita juga sudah membentuk tim yang akan kita efektifkan lagi, dimana tim kita itu dua, yakni tim monitoring dan tim penindakan,” ungkapnya.

(Alex/Ris)