Angin Puting Beliung Terjang Cidahu, 20 Rumah Mengalami Rusak

1

berantasonline.com (Sukabumi)

Sebanyak 20 rumah warga di Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi diterjang angin puting beliung, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.20 WIB, Rabu (03/05/2023).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cidahu, Rizki Waluyan mengatakan, rumah terdampak yang terdata mengalami rusak berat dan rusak ringan berada di Kampung Cidahu Pasar RT 15/05 dan RT 24/05.

“Sebanyak 20 rumah yang terdampak dihuni oleh 86 jiwa. Tidak ada korban jiwa dan tidak ada warga yang mengungsi akibat dari kejadian tersebut,” jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut Rizki, warga secara swadaya gotong royong membetulkan rumah yang terdampak. Adapun kebutuhan mendesak berupa asbes rumah sebanyak 350 buah dan mesin senso untuk memotong pohon-pohon yang tumbang.

“Saat ini kami membutuhkan asbes untuk membetulkan rumah terdampak, dikerjakan secara gotong royong oleh warga,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Desa (Kades) Tangkil Kecamatan Cidahu, Ijang Sehabudin, terjangan puting beliung di wilayahnya, menurut laporan sementara, dampak musibah terjadi di RW 05 Kampung Cidahu Pasar dan Kampung Ciseke di RW 06.

Menurut Kades yang juga menjabat Ketua DPK APDESI Kecamatan Cidahu, data sementara tercatat setidaknya 20 bangunan rumah warga terdampak dan sejumlah pohon tumbang menimpa bangunan rumah warga.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana ini, mohon do’anya saat ini kami bersama tim satgas bencana Kecamatan sedang melaksanakan identifikasi dampak bencana,” pungkasnya.

(Ris)