Bahuluang, Negeri Sejuta Pesona di Selatan Kota Tanadoang

0

Sulawesi Selatan –

Bahuluang adalah merupakan salah satu gugusan pulau berpenghuni yang terletak secara administratif di dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan.

Pulau ini didiami oleh kurang lebih tiga ratus tiga puluh tujuh jiwa dengan seratus satu kepala keluarga.

Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan yang menggantungkan separuh hidupnya pada hasil melaut.

Diapit oleh empat gugusan pulau kosong tak berpenghuni menjadikan Bahuluang sebagai salah satu kawasan pengembangan obyek dan daya tarik wisata (ODTW) strategis yang didukung oleh garis pantai berpasir putih lembut, selembut salju dan tiga lokasi pulau karang bentukan alam.

Konon kabarnya, gugusan pulau karang tersebut, dibentuk oleh gurita raksasa yang menghuni perairan laut Pulau Bahuluang.

Keistimewaan lain yang dimiliki Pulau Bahuluang terletak pada kepemilikan situs cagar budaya, berupa lokasi makam tua, jangkar raksasa, dan lokasi gua alam original.

Diam diam, warga Pulau Bahuluang, rupanya juga mahir membuat dan menyusun perahu sebagai ciri kehidupan masyarakat bahari.
Rangkaian tradisi leluhur dan tinggalan nilai kearifan lokal tersebut diwarisi secara turun temurun oleh generasi anak cucu desa yang terletak pada titik koordinat 6°28′49.449″LS,120°25′39.645″BT, itu.

Kepiawaian dan keterampilan warga pesisir Pulau Bahuluang dalam membuat perahu layar dapat disaksikan secara kasat mata di kawasan pesisir pantai sebelah barat pusat ibukota desa, tidak jauh dari lokasi taman pemakaman umum (TPU) dan SDI Bahuluang.

Sejalan dengan kebijakan pengembangan kawasan obyek dan daya tarik wisata (ODTW) sejumlah bangunan sarana prasarana pendukung wisata yang terdiri dari fasilitas gazebo, villa, resort, dan pelabuhan penunjang, mulai di bangun di salah satu kawasan bibir pantai Pulau Bahuluang.

“KM. Pesona Bahuluang” dipersiapkan untuk memberikan kemudahan reservasi layanan antar jemput tamu dari dan menuju lokasi spot wisata terdekat dari Pulau Bahuluang.

Dua unit armada kapal, distandbykan di sekitar resort untuk menjemput dan mengantar tamu pulang pergi (PP) Bahuluang, Pelabuhan Appatanah-Pattumbukang.

(Fadly Syarif)