Muhibah Ramadhan Ke-8 di Gunungguruh, Bupati: Siapkan Diri Dalam Memanfaatkan Potensi Demi Kesejahteraan Masyarakat

1

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama Forkopimda bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Silaturahmi yang dikemas dalam kegiatan Muhibah Ramadhan 1444 Hijriyah tersebut dilaksanakan di Masjid Jami Al-Ikhlas, Senin (10/04/2023).

Kegiatan diisi dengan penjabaran berbagai program pembangunan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, diawali dengan penyerahan bantuan seperti bantuan stimulan untuk Imam Masjid/DKM dan paket sembako.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati mengajak masyarakat untuk sedini mungkin menyiapkan diri. Terutama, dalam memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki.

“Kabupaten Sukabumi memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Manfaatkan potensi tersebut untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Bupati, Pemerintah sedang mengerjakan sejumlah proyek infrastruktur berskala nasional maupun daerah. Infrastruktur ini akan membuka berbagai peluang bagi masyarakat ketika selesai.

“Ketika proyek tol dan jalur utara selesai. Investasi, pariwisata, hingga pertanian bisa terbuka lebar di Kabupaten Sukabumi. Masyarakat harus sudah siap ketika ini semua selesai,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi pun telah menyiapkan program dalam menghadapi itu. Salah satunya Perempuan Hebat Untuk Keluarga Berkualitas (Perahu Kertas).

“Program ini dibuat agar perempuan memiliki keahlian. Sehingga, bisa membantu ekonomi keluarga dengan di rumah saja,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, program ini pun dibuat untuk memudahkan para ibu mengurus anak sambil membantu perekonomian keluarga.

“Lewat program ini, para ibu diupayakan tidak bekerja diluar. Tapi mengurus anak sambil berusaha. Program ini bersinergis dengan berbagai upaya, sehingga sangat mungkin dimanfaatkan oleh para ibu-ibu,” bebernya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Sukabumi, H. Habiburohman mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap Ramadhan. Dimana, setiap tahunnya ada 10 Kecamatan yang dikunjungi dalam agenda Muhibah Ramadhan ini.

“Alhamdulillah, tahun ini kita bisa bersilaturahmi dengan masyarakat di Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh,” tandasnya.

Menurutnya, agenda di Desa Cikujang merupakan titik yang ke delapan. Sehingga masih tersisa dua kegiatan lagi dalam beberapa waktu kedepan.

“Masih ada dua tempat lagi yang bakalan kami kunjungi dihari berikutnya. Dimana, agenda ini lebih fokus silaturahmi dan berinterkasi dan berbagi informasi kepada masyarakat,” terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sambil menunggu waktu berbuka. Meskipun tidak ada kegiatan buka bersama.

“Kita masih di posisi Pandemi Covid-19, sehingga tidak melaksanakan buka bersama. Jadi, kegiatan hanya sampai pukup 17.30 WIB,” pungkasnya.

Kegiatan Muhibah Ramadhan tersebut diakhiri dengan tausyiah dari K.H. Aang Abdullah Zein.

(Alex/Ris)