Disdik Kabupaten Sukabumi Selenggarakan Seleksi dan Evaluasi Hafiz Al-Qur’an Jenjang SMP Tahun Ketiga

10

berantasonline.com (Sukabumi)

Siswa-siswi SMP ikuti seleksi dan evaluasi penghapal Alquran (Hafiz Al-Qur’an) tingkat Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/03/2023).

Kasi Kesiswaan dan Manajemen SMP Disdik Kabupaten Sukabumi, Devi Indra Kusumah mengatakan, kegiatan Hafiz Al-Qur’an tersebut sebagai bentuk pengejawantahan dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi. Kegiatan di tahun ini merupakan tahun ke tiga bagi siswa-siswi SD dan SMP di Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan ini adalah tahun ketiga untuk menjaring dan mengevaluasi para pengahapal Al-Qur’an,” ungkapnya.

Lebih lanjut Devi menjelaskan, seminggu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, pihak Disdik juga telah menyelanggarakan kegiatan yang sama, namun untuk tingkat SD yang diselenggarakan di SD Kebonwaru.

“Untuk tingkat SD, telah kami selenggarakan di SD Kebonwaru, seminggu sebelumnya,” jelasnya.

menurutnya, kegiatan tersebut merupakan program unggulan yang digulirkan Pemda Kabupaten Sukabumi dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwan kepada Allah SWT serta melahirkan generasi yang cinta Al-Qur’an dan dapat mengamalkannya dalam kegiatan sehari-hari.

“Hasil yang diharapakan dari kegiatan tersebut, siswa-siswi bukan hanya pandai menghapal Al-Qur’an, tapi dapat mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an untuk kegiatan sehari-sehari,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Devi, bagi pemenang akan diberikan beasiswa berupa uang pembinaan sebesar Rp 5 juta per siswa untuk tingkat SD dan SMP.

“Insyalah pihak Disdik akan memberikan uang pembinanaan bagi siswa-siswi yang menang dalam seleksi sebesar lima juta rupiah,” pungkasnya.

(Alex/Ris)