Raker Perdana Sekber Wartawan Media Online, Rumuskan Program Kerja Tahun 2023-2024

5

CIBINONG – Sekretariat Bersama Wartawan Media Online (Sekber WMO), Rabu 15 Maret 2023 menggelar Rapat Kerja (Raker) pertama bertempat di Gedung RY Center Lt. 4, Jl Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor, dalam rangka merumuskan Program Kerja tahun 2023-2024.

Ketua Panitia Pelaksana, Achmad Indrawan Heryadi melaporkan, acara Raker tersebut merupakan rapat kerja pertama sejak berdirinya Sekber WMO setahun yang lalu.

“Di tahun 2022 yang lalu, Sekber WMO sudah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Diklat Jurnalistik Media Siber, Bazar Sembako Murah bekerja sama dengan Disdagin dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, santunan yatim dan duafa, Festival Musisi Jalanan dan Bazar Karya Disabilitas, dan perayaan Hari Pers Nasional memalui berbagai acara perlombaan antar wartawan. Sementara itu di tahun 2023, Sekber WMO baru menyelenggarakan peringatan HPN”, tuturnya.

Sebelum memasuki agenda utama raker, sambung Indrawan, Panitia juga mengundang pejabat Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor untuk memaparkan langsung dihadapan peserta Raker, seputar berbagai terobosan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor sebagai bahan publikasi.

“Dapat kami laporkan bahwa peserta Raker tahun ini tercatat diikuti oleh 70 orang wartawan dari berbagai media siber. Mudahan-mudahan dalam Raker ini akan disepakati bersama berbagai program yang membawa kemaslahatan bagi para anggota dan masyarakat Kabupaten Bogor pada umumnya”, kata Indrawan.

Ketua Umum Sekber WMO, Drs. H. Bustanul Daham, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan Raker tahun ini dirasa sangat penting terlebih dalam menghadapi pesta demokrasi yang sebentar lagi bakal digelar.

“Sebagai organisasi wadah pemersatu jurnalis media siber, pengurus Sekber WMO juga perlu segera merumuskan program terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan bersama para anggota”, ujarnya.

Tokoh wartawan senior di Bogor ini juga mengungkapkan dalam Raker kali ini, pengurus akan mengaktifkan kembali Koperasi Sekber dengan melakukan perombakan struktur kepengurusan koperasi agar lebih serius menjalankan perannya sebagai Badan Usaha milik Sekber WMO.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan, S.Sos., M.Si dalam sambutanya mengatakan rapat kerja bagi sebuah organisasi merupakan agenda yang harus dilaksanakan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja organisasi.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus Sekber WMO dalam pelaksanaan raker yang pertama ini, semoga program kerja organisasi yang disepakati bersama di raker ini bisa dilaksanakan dengan baik dan berlangsung sukses,” ujar Iwan.

Iwan juga mengingatkan kepada para wartawan media siber bahwa untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme jurnalis media siber yang hadal, para wartawan harus mengikuti aturan dewan pers khususnya tentang Uji Kompetensi Wartawan.

Acara pembukaan raker Sekber WMO dihadiri Seksi Advokasi PWI Jawa Barat DR. Tardip Panggabean, SH, MH, Korwil III PWI Jawa Barat Wilayah Bogor, Depok dan Bekasi HRM. Danang Donoroso, S.IP, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor Raya Piyarso Hadi, S.IP, Kasi Humas Polres Bogor IPTU Desi Triana dan pejabat Bappenda Kabupaten Bogor.

Ketum Sekber WMO dipenghujung Raker memutuskan, agenda utama yang akan dijalankan tahun 2023-2024 yakni Pembentukan Pengurus Baru Koperasi Sekber, Diklat Jurnalistik Media Siber, Peringatan Hari Besar Islam, Sosialisasi SMSI, Perayaan HPN 2024, Penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan, dan Pelatihan Digital Marketing bagi pelaku UKM di Kabupaten Bogor.

(Wan)