Bupati Sukabumi Hadiri Exit Meeting Pemeriksaan Intern BPK Jabar Atas Laporan Keuangan TA 2022

4

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, hadiri Exit Meeting Pemeriksaan Intern BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi Tahun Angaran 2022, bertempat di Pendopo Sukabumi, Senin (06/03/2023).

Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Setio Prayitno menyampaikan bahwa pemeriksaan fokus pada Sistem Pengawasan Internal baik pemeriksaan belanja, pemeriksaan kinerja, penyusunan atas pertanggungjawaban keuangan dan menilai atas kepatuhan Undang-Undang.

Menurut Setio, pemeriksaan kinerja adalah pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara yang terdiri atas pemeriksaan aspek ekonomi dan efisiensi, serta pemeriksaan aspek efektivitas. BPK melaksanakan pemeriksaan kinerja pengelolaan keuangan negara dengan maksud mengidentifikasi dan menemukan permasalahan yang ada pada pengelolaan kegiatan entitas yang diperiksa.

“Hal-hal yang perlu mendapat perhatian adalah pengelolaan aset tetap, belanja barang/jasa dan belanja modal,” ungkapnya.

Bupati Sukabumi dalam sambutanya menyatakan, bahwa pemeriksaan untuk mengetahui sampai sejauh mana laporan keuangan ini menjadi perhatian semua, hingga bagaimana good governance bisa dilaksanakan dengan efektif.

“Kedatangan tim pemeriksa BPK RI perwakilan Propinsi Jawa Barat, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan,” ujarnya.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik adanya pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan oleh BPK Propinsi Jawa Barat.

“Demi Suksesnya acara pemeriksaan ini, kepada Perangkat Daerah selaku pengguna anggaran, harus tetap semangat dan menjaga komitmennya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga mampu mendorong peningkatan pelayanan publik dan percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Bupati berterimakasih atas rekomendasi BPK RI Propinsi Jawa Barat dan segera menindaklanjuti untuk kepentingan masyarakat dan sebagai evaluasi kedepan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Sukabumi, Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala Bappelitbangda, Kepala Bapenda, Kaban Kesbangpol, Kepala BKPSDM, Kadis PU, Kadis Perkim, Plt. Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Pariwisata, Kadis Dagin, Kadis Kominfosan, Kadishub, Plt. Kadis Sosial, Camat Cikembar dan Camat Ciracap.

(Alex/Ris)