Semangati Kader PDIP Sumsel, Puan: Pemilu Tetap On-track Tahun 2024

3

Sumsel–

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu 2024 DPD PDIP Sumatera Selatan (Sumsel). Ia pun menyemangati para kader PDIP agar bekerja keras demi meningkatkan suara kemenangan.

“Hari ini saya pulang kampung, ke Sumatera Selatan, tempat asal keluarga almarhum Pak Taufiq Kiemas, ayah saya,” kata Puan di kantor DPD PDIP Sumsel di Palembang, Jumat (3/3/2023).

“Jadi saya punya perhatian khusus atas kiprah PDI Perjuangan di Sumatera Selatan. Ini bukan hanya soal politik, tetapi soal sejarah, soal legacy,” imbuh perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan pun menyoroti hasil Pileg 2019 di mana Sumsel hanya berhasil menyumbangkan 2 kursi di DPR RI.
 
“Sekarang saya tanya dulu, apakah PDI Perjuangan Sumatera Selatan sudah puas dengan hasil ini? Apa sudah puas dengan hasil Pemilu 2019?” tanya Puan.

Jika ingin hasil yang lebih, keluarga PDIP Sumsel disebutnya harus semangat dan bekerja semakin lebih keras. Puan mengatakan, target 4 kursi DPR RI dari perolehan suara Sumsel hanya bisa didapat dengan gotong royong.

“Kalau mau kursi naik jadi 4 harus gotong royong, harus berbagi dan bekerjasama. Jangan masing-masing ego. Masalah Sumsel dari dulu gitu-gitu aja. Sampai Bu Mega bilang coba saya datang ke Sumsel agar suaranya naik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Puan menyebut bahwa pelaksanaan Pemilu tetap akan berjalan sesuai jadwal yakni tahun 2024. Ia menegaskan, konstitusi sudah mengatur tidak ada penundaan Pemilu menyusul adanya putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang menghukum KPU untuk tidak melaksanakan sisa tahapan Pemilu 2024 selama lebih-kurang 2 tahun 4 bulan dan 7 hari.

“Saya katakan di sini bahwa Pemilu tetap dilaksanakan 2024. Pemilu tetap berjalan on-track. Ini sudah ketok palu di DPR RI yang saya ketuanya. Ini sudah konstitusional bahwa Pemilu dilaksanakan lima tahun sekali,” tegas Puan.

“Kita taat konstitusi, ikuti proses dan tahapan pemilu yang sudah diputuskan. Tidak usah ada yang pikirkan apa Pemilu akan ditunda atau tidak, karena lagi ramai sekarang berita soal keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” lanjut cucu Bung Karno itu.

Oleh karenanya, Puan menyatakan PDIP harus fokus dalam mempersiapkan Pemilu tahun depan.

“Artinya kita punya waktu kurang dari setahun untuk memastikan bahwa hasil perolehan suara PDI Perjuangan di Sumatera Selatan itu meningkat, lebih baik lagi dari Pemilu 2019. Baik untuk Pileg maupun Pilpres,” ungkap Puan.

Mantan Menko PMK ini mengingatkan pesan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menargetkan PDIP harus menang hattrick di Pemilu. Puan lantas menantang kader PDIP Sumsel.

“Siap semua?! Siap?! Siap wujudkan hattrick PDI Perjuangan?!” tanyanya.

“Siaapp!!!” jawab kader PDIP Sumsel serentak.

Puan juga mengingatkan bahwa target kemenangan hattrick bukan untuk keren-kerenan atau gagah-gagahan. Target PDIP menang tiga kali di Pemilu adalah untuk mewujudkan tujuan ideologis yaitu merealisasikan cita-cita Pancasila dan Trisakti Bung Karno.

“Karena itu kita harus solid, solid, solid. Kita harus gotong royong, gotong royong, gotong royong. Tidak bisa jalan sendiri-sendiri, tidak bisa ada agenda sendiri atau pribadi,” ujar Puan.
 
“Agenda kita satu dan itu adalah agenda kita bersama, agenda kemenangan PDI Perjuangan,” sambungnya.

Puan kembali bertanya apakah kader PDIP Sumsel siap tegak lurus menjalankan perintah partai. Para kader yang hadir menyanggupi untuk mematuhinya.

Pada rapat konsolidasi di DPD PDIP Sumsel ini, turut hadir Ketua Bappilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Puan lalu menugaskan Bambang Pacul untuk berdiskusi tentang strategi pemenangan dengan struktur DPC dan DPD setempat untuk menaikkan suara PDIP di Sumsel.

“Kita fokus kerja, kerja, kerja, dan Sumsel bantu pemenangan hattrick 3 kali,” kata Puan.

Mendapat amanah dari Puan, Bambang Pacul langsung memotivasi kader PDIP Sumsel agar memperoleh hasil kemenangan yang maksimal.

“Jangan bekerja setengah setengah, harus menang maksimal. Caranya luruhkan ego masing-masing,” ungkap Bambang Pacul.

Sementara itu Ketua DPD PDIP Sumsel yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Nazaputra Kiemas melaporkan kesiapan struktur dan infrastruktur PDIP Sumsel menghadapi Pemilu 2024.

“Struktur dan infrastruktur partai siap menghadapi Pemilu 2024,” tegas Giri.

(red.1)