Kesenian Tradisional Dijadikan Ekstra Kurikuler di SMPN 1 Cidolog, Disdik Dukung Penuh

23

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi dukung penuh atas kesenian tradisional yang dijadikan salah satu ekstra kurikuler di SMPN 1 Cidolog, hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan berupa alat musik gamelan lengkap.

“Kearifan lokal nusantara patut dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Banyak literasi yang bisa dijadikan sumber edukasi bagi para siswa agar tidak kehilangan jati diri bangsa,” ungkap Deden Badrujaman,S.Ip usai mendampingi para siswa SMPN 1 Cidolog Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi berlatih seni gamelan, Senin (20/02/2023).

Deden mengaku bersyukur, dalam dua bulan sudah 9 siswa yang berhasil mempelajari dari nol dan hari ini sudah mampu menunjukkan “ragem” dan kompak dalam memainkan alat musik tersebut diiringi vokal bersama dalam beberapa nyanyian sunda tradisional.

“Alhamdulillah ada Abah Otong dan Ki Dalang Adi yang berkenan membantu dalam melatih para siswa tersebut. Ini juga bagian dari amanah Dinas Pendidikan yang harus kita jaga dan buktikan hasil pelatihannya pada semua pihak,” imbuhnya.

Deden juga berharap dukungan maksimal dari masyarakat, khususnya orangtua atau wali murid atas kegiatan ini.

“Kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikan seni budaya asli nusantara ini siapa lagi. Diluar sana seni budaya kita benar-benar dihargai dengan mahal dan penuh apresiasi. Jangan sampai kita ketinggalan. Karya seni ini serupa dengan orkestra dengan tingkat filosofi seni luar biasa,” ungkapnya.

Dalam membina pelatihan para siswa, Deden dibantu Ulum, SE. yang merupakan salah satu guru SMPN 1 Cidolog. Deden pun merasa terharu atas capaian para siswa saat ini.

“Semoga dapat memunculkan talenta-talenta pewaris seni budaya adiluhung. Besok rencananya akan ditampilkan di acara upacara Mieling Basa Indung, mohon dukungannya,” pungkasnya.

(Alex/Ris)