Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Sunda, Disdik Kab. Sukabumi Akan Gelar “Basa Indung”

3

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam rangka memperingati “Basa Indung” yang akan digelar Selasa 21 Februari 2023 besok, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi akan menampilkan berbagai kreasi seni seperti tampilan kawih, pupuh, pencak silat, rampak sajak, rampak ngadongeng, borangan damkar, kawih indung dan kaulinan barudak.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin mengatakan, dengan digelarnya acara tersebut jadi satu pendorong bagi peningkatan kelestarian Bahasa Sunda di Kabupaten Sukabumi.

“Kami berharap pada generasi milenial agar tahu dengan bahasa suku sendiri yakni bahasa Sunda, dan kita harus memiliki rasa tanggungjawab untuk melestarikannya agar tidak hilang tergerus oleh zaman,” ujarnya kepada awak media, Senin (20/02/2023).

Sebagai upaya, lanjut Solihin, pihaknya terus melakukan dalam pelestarian bahasa indung (Ibu) dengan berbagai program pendidikan dan pembinaan yang dilakukannya.

“Kami berharap semua pihak bersama-sama ikut melestarikan Bahasa Sunda sebagai bahasa indung (ibu) orang Sunda kepada para generasi muda agar bahasa Sunda tetap lestari,” tandasnya.

(Alex/Ris)