Wabup Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Kepada 16 KK Warga Desa Patikarya

1

SULSEL –

Wabup Kep. Selayar Saiful Arif serahkan bantuan Tanggap Darurat kepada 16 kepala keluarga warga Desa Patikarya Kec. Bonto Sikuyu yang menjadi korban bencana hydrometeorology beberapa waktu lalu.

Penyerahan paket bantuan, Senin (30-1) sore di Kantor Desa Pati Karya yang dipandu langsung Kepala Dinas Sosial, Hj. Satmawati, S.Sos., MAP, didampingi Kepala Bidang Linjamsos, Patta Raja, SE. dan Kades Pati Karya Nursia, bersama sekretaris desa patikarya dan jajaran, dihadiri semua perwakilan keluarga para korban. Dalam arahannya, wabup, H. Saiful Arif, SH, menandaskan, kegiatan penyerahan dan penyaluran paket bantuan tanggap darurat, sengaja dikemas dalam suasana silaturrahim untuk membuktikan bahwa pemerintah harua dan selalu ada dan hadir di saat masyarakat menghadapi masalah.

Bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat ditunjukkan mulai dari bencana gempa bumi yang pada hari, Selasa, (14/12) 2021 dua tahun lalu, terjadi dan menimpa wilayah kecamatan Pasimarannu serta Kecamatan Pasilambena. Wabup Saiful Arif mengakui, sampai sekarang, penanganan dampak bencana gempa bumi belum selesai.

Pemerintah selalu mendapat kritikan karena dianggap lamban melakukan tindakan, namun kami tidak boleh menanggapinya dengan emosi, melainkan harus dengan aksi dan prestasi, paparnya lalu menambahkan, dalam waktu yang bersamaan, kami selalu menjelaskan adanya regulasi, tahapan, proses dan prosedur.

Dalam posisi seperti itu, wabup menganggap kritikan masyarakat sebagai sebuah hal yang lumrah dan sudah menjadi konsekuensi bagi pemerintah. Karena pemerintah dipilih dan dilantik untuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani,

Terkait dengan kegiatan penyerahan dan penyaluran bantuan tanggap darurat, wabup menyebut, bantuan yang diserahkan pemerintah melalui dinas sosial tidak akan mungkin sebanding dengan kerugian warga yang terkena bencana.

Pasalnya, bencana hydrometeorology tak hanya menimpa warga Kecamatan Bontosikuyu. Tapi hampir terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Selayar. Namun kami berharap, bantuan sandang – pangan dan perlengkapan kebutuhan sehari – hari, dari dinas sosial, setidaknya dapat meringankan beban penderitaan warga korban bencana.

Sumber bantuan, ada yang berasal dari pemerintah pusat dan provinsi, pungkasnya.
Sementara itu, Kepala dinas sosial, Hj. Satmawati, S. S.Sos., M.AP menandaskan, dinas sosial hadir di Desa Patikarya dan berharap agar bantuan tanggap darurat yang diserahterimakan pemerintah, bisa bermanfaat untuk meringankan beban warga korban bencana bersama keluarga.

Bantuan ini, kata Satmawati, merupakan bentuk ungkapan keprihatinan dan kehadiran pemerintah di saat masyarakat tertimpa bencana, tandasnya.

(FS)