Tiga Kasus DBD di Kecamatan Karya Penggawa, dr Yusuf Ajak Warga Galakan Gerakan 3M Plus

7

Ket. Foto: dr. Yusuf Firmansyah. (doc: benk)

Berantasonline.com (Pesisir Barat)–

Sepanjang awal bulan Januari 2023 tercatat tiga kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di wilayah kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. Satu kasus terjadi di Pekon Kebuayan dan dua kasus terjadi di Pekon Penengahan.

Demikian yang disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Karya Penggawa dr Yusuf Firmansyah saat ditemui Wartawan diruang kerjanya, Kamis (19/1/2023). “Pada bulan Januari ini ada tiga kasus DBD dan Alhamdulilah sudah teratasi”, ujarnya.

Dengan adanya tiga kasus warga yang terjangkit DBD, pihaknya beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan fogging atau pengasapan di dua pekon yang terjadi kasus DBD yaitu Pekon Penengahan dan Pekon Kebuayan serta membagikan bubuk pembunuh jentik atau larvasida di pekon yang terjangkit DBD.

Guna mengantisipasi dan menghindari terjadi lagi kasus DBD di kecamatan Karya Penggawa dr Yusuf berpesan agar masyarakat selalu berprilaku hidup sehat, tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan kegiatan 3M plus yaitu Menutup penampungan air, Mengubur barang bekas, dan Menguras barang-barang yang bisa menyebabkan genangan air, Memakai kelambu saat tidur, serta selalu Menggunakan lotion anti nyamuk.

“Diharapkan dengan melakukan gerakan 3M plus secara rutin kita semua akan terhindar dari gigitan nyamuk Aides Aigepty sebagai penyebab terjadinya demam berdarah”, pungkasnya.

(Benk)