5 Bulan Guru Bolos Mengajar, Disdik Pesibar Panggil Kepala SDN 65 Krui

2

Lampung, BERANTAS –

Seorang guru honorer berinisial RZ yang bertugas di SDN 65 Krui, Pekon Pakunegara Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, sejak Bulan Agustus 2022 lalu tidak melaksanakan kewajibannya sebagai tenaga pengajar sebagaimana mestinya.

Diperoleh keterangan dari nara sumber terpercaya, jam mengajar RZ diisi oleh guru lainnya bernama Bayu dan Nurul Fitri Utami, tetapi jam mengajar tersebut malah digunakan RZ sebagai salah satu persyaratan dirinya dalam mengikuti seleksi P3K.

Nara sumber menduga, perilaku semena-mena tersebut lantaran RZ masih memiliki ikatan saudara dengan Kepala SDN 65 Krui. “Kalau tidak salah, dia itu masih keponakan Kepala Sekolah”, ujarnya.

Kepala SDN 65 Krui, Zarnasuri saat dikonfirmasi Wartawan BERANTAS terkait perilaku guru honorer tersebut menjelaskan, bahwa RZ memang benar sejak bulan Agustus hingga sekarang tidak mengajar.

“Tapi dia sudah meminta izin kepada saya untuk keperluan mengantar anaknya berobat, dan saya izinkan, ya bulan depan dia masuk lagi”, ucapnya enteng.

Sementara itu, Kabid Dikdas Disdikbud Pesisir Barat, Erik Putra ketika diminta tanggapannya, Selasa (10/1/2023), mengaku belum mendapatkan laporan masalah tersebut. “Belum ada laporan sama sekali, kita akan segera panggil kepala sekolahnya guna mengklarifikasi”, pungkasnya.

Saat ditanya apakah RZ tetap bisa mengikuti seleksi P3K walau sudah lima bulan bolos mengajar, Erik mengatakan “Tetap bisa yang penting yang bersangkutan ada di data dapodik mininal sudah 3 tahun”, jawabnya.

(Benk)