Qatar Merubah Citra Dunia Terhadap Jazirah Arab

34

Laporan : Hafid Muhtadin (Wartawan Berantasonline.com Timur Tengah)

Presiden FIFA Gianni Infantino menganggap Qatar telah berhasil mengubah citra dunia, terutama dari sudut pandang fans sepak bola terhadap Jazirah Arab.

Pelaksanaan Piala Dunia 2022 menjadi contoh sepak bola bisa memberikan pengaruh signifikan bagi aspek kehidupan sosial diluar olahraga.

Dalam pidatonya pada penutupan Piala Dunia 2022 Jum’at (16/12-2022) di Doha Qatar, Infantino mengatakan, Piala Dunia menghadirkan banyak drama yang belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk pertama kalinya semua perwakilan benua yaitu Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia hadir pada babak 16 besar.

Dia juga menyebutkan prestasi mengagumkan Maroko yang menjadi Duta Afrika pertama menembus seni final. Perjalanan Maroko bukan kebetulan, itu buah investasi besar dalam pengembangan sepak bola, mulai dari pembangunan fasilitas, perbaikan sistem kompetisi hingga pembinaan usia dini.

Selanjutnya diluar sepakbola, Infantino menuturkan jutaan suporter dari berbagai belahan dunia menjadi saksi kesan negatif tentang Qatar sebelum Piala Dunia berlangsung adalah fiktif.

Kesan positif tercipta berkat persiapan Qatar menyambut semua pencinta sepakbola dengan tangan terbuka. “Piala dunia ini menghadirkan sikap saling memahami (mutual understanding) dari fans internasional tentang Qatar yang menjadi representasi dunia Arab dan Timur Tengah. Mereka mengalami segala hal yang mereka dengar tentang sisi negatif Qatar tidak benar, sehingga ini memberikan pengalaman berharga ketika pulang ke negaranya. Bagi saya itu adalah warisan Qatar dari luar sisi sepak bola”, ucap Infantino.

Perhelatan kejuaraan dunia sepak bola yang diikuti 32 negara telah usai dan berlangsung sukses dari Negara Qatar Jazirah Arab.

Lional Messi Sejajarkan Diri Dengan Diego Maradonna dan Mario Kempes

Kesebelasan Argentina berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Perancis pada babak final di Stadion Lusail Doha Qatar. Argentina berhasil mewujudkan penantian selama 36 tahun kembali mencapai Puncak Dunia.

Sungguh manis gelar Piala Dunia tahun 2022 yang diraih Argentina, karena Lionel Messi berhasil mensejajarkan diri dengan Diego Maradona dan Mario Kempes, dua ikon sepak bola Argentina yang sangat terkenal.

Karena Messi bersama La Albicaleste bahkan lebih sempurna, karena telah menghadirkan Trofi Piala Dunia U-20 Copa Amerika, Piala Dunia, serta Emas Olympiade. FIFA telah memutuskan pada tahun 2026 perhelatan 4 tahunan Kejuaraan Dunia Sepak Bola akan dilaksanakan di tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko sebagai Tuan Rumah dengan peserta bertambah menjadi 48 negara. Sebelumnya pada tahun 2022 pernah diselenggarakan oleh lebih dari satu negara yakni Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah bersama dan berhasil sukses.

Atas prestasi yang diperoleh para Juara World Cup tahun 2022 pihak FIFA dan Tuan Rumah Qatar telah memberikan hadiah yang sangat lumayan bagus para juara dan peringkat pemenang sebagai berikut.

Juara Pertama Argentina memperoleh hadiah 42 Juta Dollar setara dengan Rp 659 Miliar. Juara kedua Perancis mendapatkan 32 juta dollar setara Rp 470 miliar dan Juara ketiga Krosia memperoleh hadiah 27 juta dollar setara dengan Rp 423 Miliar, juara ke empat Maroko memperoleh 25 Juta atau setara Rp 392 miliar.

Pemenang peringkat 5-8 memperoleh 17 Juta US dollar atau setara Rp 266 miliar. Peringkat 9-16 memperoleh 13 juta US Dollar atau setara 203 miliar, serta peringkat 17-32 memperoleh hadiah 9 juta US Dollar atau setara Rp 141 miliar.

Biaya partisipasi tolak FIFA keluarkan dana sebesar 440 juta US Dollar atau setara Rp 6,9 trilyun, Qatar sebagai tuan rumah mengeluarkan dana sebesar 220 miliar US dollar atau setara Rp 3.449 Trilyun.

(BD)