Sekber WMO Bentuk Tim Monitoring Proyek dan Satgas Pengawasan Pungli

3

Bogor, BERANTAS –

Sekretariat Bersama Wartawan Media Online (Sekber WMO) hari Sabtu 13 Desember 2022 membentuk Satuan Tugas Tim Pengungkapan hasil Pelaksanaan Proyek Pembangunan Fisik dan Non fisik didaerah Bogor Raya (Kota dan Kabupaten Bogor).

Selain itu, Tim akan menggarap dugaan terjadinya Pungutan Liar (Pungli) diberbagai Instansi Pemerintah yang menyangkut Pelayanan publik.

“Pengawasan Pungli tersebut harus dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden No 87 tahun 2016, dimana Pers sebagai bagian masyarakat tidak boleh diam dalam menertibkan adanya Pungli tersebut”, ujar Ketua Umum Sekber Wartawan Media Online H. Bustanul Daham.

Dalam Siaran Persnya, Ketua Umum Sekber WMO mengungkapkan Rapat Pengurus Sekber WMO memutuskan membentuk Tim Satuan Tugas dipimpin langsung oleh Ketua Umum Sekber WMO, kemudian sebagai Pengendali Drs. Eka Wirawan dan Seh Achmad, SH.MH.

Selanjutnya dibentuk sejumlah Kordinator Bidang, yakni :

Kordinator Bidang Investigasi/Monitong Sarana/Prasarana SD dan SMP terdiri dari : Achmad Hidayat, Ratna Suratmi dan Doddy Irawan.

Korbid Sarana Prasarana SMA/SMK dan Perguruan Tinggi : Sabri Leurima SE, Yuni.

Korbid Pembangunan Jalan dan Jembatan : Eka Wirawan, Rizki Iskandar dan Lekat Azadi.

Korbid Pembangunan Pengairan dan Gorong Gorong /Drainase : Taufik, MS. Zen Arifin.

Korbid Pengadaan Alkes, Pengadaan Beras Pegawai Negeri oleh PT Pasar Tohaga : Abdul Manan, A. Paisal, Fauzi.

Korbid Sarana Prasarana MI, MTSN dan MAN, Pengadilan Agama dan Kantor Ke Kementerian Agama : Eddy Johardin, Basirun SPdi.

Korbid Pembangunan Perumahan dan Gedung : Dra. Hj. Yati Maryati, MM, Ade Yusrialdi.

Korbid Pembangunan PDAM dan Kelistrikan (PLN) : Eddy Johardin, M. Taufik.

Korbid Pembangunan Kependudukan, Penanggulangan Bencana Alam, Sosial dan Keluarga Berencana : Fauzi, Martin, Achmad Hudori, MS.Zen Arifin.

Korbid Pembangunan Desa (Dana Desa) : Nurman, Samsuar, Eddy Jo.

Bagian Evaluasi/Pelaporan : Abd. Manan, A. Indrawan, Gunawan Santri.

Dalam kesempatan tersebut, Pengendali Satgas menginstruksikan kepada para Kordinator Bidang untuk mencatat/menginventarisir Proyek Proyek Pembangunan yang bersumber dari APBD dan APBN tahun anggaran 2022- 2023 menyangkut nilai Proyek, volume proyek, pelaksana proyek, kendala proyek dan lokasi proyek, sehingga akan dapat diketahui keberhasilan kepemimpinan Kepala Daerah.

Rapat Evaluasi tahap 1 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Desember 2023, agar semua Kordinator Bidang membawa laporan guna diadakan analisa untuk diketahui oleh publik.

(red.2)