Wujudkan Personil Berkualitas di Era 4.0, Polda Gorontalo Gelar Pelatihan Keterampilan & Etika Pelayanan Publik

Lintas Daerah

Gorontalo, BERANTAS –

Dalam rangka menciptakan SDM yang unggul dilingkungan Polda Gorontalo dan jajaran sebagaimana termaktub dalam program Kapolri pada Quick Wins Presisi Program 3, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Brigjen Pol. Drs. Pudji P. Hadi,MH buka secara resmi kegiatan Pelatihan Keterampilan dan Etika Pelayanan Pubik.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin (21/11/2022) tersebut, bertempat di aula Titinepo Polda Gorontalo yang diikuti oleh perwakilan Personil Polda dan bekerjasama dengan Lembaga Ahli Profesional dari Universitas Negeri Gorontalo.

Saat membacakan sambutan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SH,SIK,M.Si, Wakapolda Pudji mengatakan, aspek SDM tak dapat dipungkiri memegang perananan penting bagi kemajuan dan pencapaian tujuan suatu organisasi, hal ini juga berlaku pada institusi kepolisian negara republik indonesia.

“Tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri berada pada titik terendah, maka optimalisasi performa dan kualitas pelayanan publik oleh Polri menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat”.

Kepada peserta lanjut Pudji menjelaskan, akan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan terkini terkait pelayanan publik, komunikasi dan motivasi diri. dengan demikian, diharapkan pelatihan ini dapat memberikan hasil yang maksimal bagi peningkatan kualitas pelayanan publik sehingga menghasilkan outcome berupa peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Polda Gorontalo pada khususnya dan kepada Polri pada umumnya.

“Ikuti pelatihan dengan serius, tumbuhkan semangat untuk maju dan berkembang ke arah yang lebih baik serta implementasikan kemampuan dan keterampilan yang telah diperoleh pada Satker dan Satwil jajaran agar pelayanan publik semakin berkualitas sehingga dapat terwujud pelayanan prima kepolisian”.

Kepada peserta, Pudji juga menekankan untuk menyerap ilmunya semaksimal mungkin dari peatih dan lakukan transfer pengetahuan kepada rekan-rekan lainnya di Satker dan Satwil jajaran.

“Mari kita bersama-sama dan bahu membahu meraih kembali kepercayaan masyarakat kepada institusi yang kita cintai ini dengan semangat kerja empat AS yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas”.

Ia juga ingatkan kepada seluruh peserta dan segenap anggota Polda Gorontalo serta jajaran bahwa polisi merupakan alat pembangun peradaban dan mesin perubahan sosial, sehingga baik buruknya suatu negara dipengaruhi dari polisinya.

“Laksanakan tugas dengan niat yang penuh dengan keikhlasan semata – mata memperoleh ridho dari tuhan yang maha kuasa”, tutup Alumnus Akpol 89.

Senada dengan apa yang telah disampaikan oleh Wakapolda, Instruktur dari Lembaga Ahli Profesional UNG, Zulkifli, PhD mengatakan, Era sekarang ini adalah era kolaborasi. Dimana teknologi revolusi 4.0 sekarang sudah mulai dikembangkan seiring dengan masyarakat yang sudah maju.

Melihat kondisi tersebut lanjut Instruktur Capacity Building tersebut, untuk mengembangkan kapasitas, tak cukup hanya dengan pengembangan kualitas SDM personil, melainkan perlunya semangat Kolaborasi.

“Kegiatan seperti ini perlu kita dorong melalui semangat kolaborasi antara Polda Gorontalo dan UNG sehingga kedepannya Polda Gorontalo dapat melahirkan personil yang terbuka, profesional, maju serta modern”, pungkas Zulkifli.

(D01751) (Humas Polda) Jepril