Wabup Sukabumi Terima Kunjungan APINDO, Bahas Industri Padat Karya

4

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam rangka membahas kondisi dunia usaha pasca Covid-19 dan resesi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi lakukan kunjungan ke Pendopo dan disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri, Selasa (08/11/2022).

Dalm kunjungannya, Ketua DPK Apindo Kabupaten Sukabumi Sudarno mengatakan, kehadirannya menemui Wabup Sukabumi untuk meminta dukungan penyelematan sektor industri. Terutama industri padat karya di Kabupaten Sukabumi.

“Industri padat karya ini menyerap tenaga kerja dengan sangat banyak. Sehingga, kami mohon dukungan penyelamatan sektor tersebut, hal itu untuk meningkatkan kepercayaan buyer dari luar negeri,” ujarnya.

Pasca pandemi dan resesi ini, lanjut Sudarno, permintaan ekspor tujuan Amerika dan Eropa menurun. Makanya, kami minta adanya kondusifitas agar buyer luar negeri bisa percaya dengan situasi yang aman di kita dan order lagi kepada kami.

Selain itu, Sudarno meminta kenaikan UMK untuk 2023 bisa mengikuti regulasi yang berlaku. Sehingga, tidak memberatkan semua pihak.

“Kami mohon berkaitan pengupahan bisa mengikuti pedoman regulasi peraturan yang berlaku,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wabup Sukabumi mengatakan, Pemkab Sukabumi mencoba berbagai kajian untuk mengantisipasi terjadinya krisis global.

“Dinas terkait mencoba mengambil langkah terbaik untuk mengantisipasi dan memecahkan masalah akibat krisis global,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup menjelaskan, bahkan menjelang 2023, Pemkab Sukabumi berusaha menjadi penengah dalam pengambilan kebijakan UMK. Sehingga tidak memberatkan pengusaha dan tak merugikan pekerja.

“Makanya, penetapan UMK harus dikaji secara utuh. Sehingga, hasilnya atas kesepatan bersama yang bisa menstabilkan perusahaan dan mensejahterakan pekerja,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan rekomendasi hasil rakerkorkab Apindo Kabupaten Sukabumi tahun 2022 kepada Wabup Sukabumi.

(Alex/Ris)