Tambang Pasir Liar Desa Tanjungsari Cijeruk Renggut Korban Jiwa

37

Bogor, BERANTAS – Longsor kembali terjadi di lokasi galian pasir teras dan batu gunung di Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor hingga memakan korban jiwa.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (6/11) sekitar pukul 11.30 Wib. Korban diketahui bernama Mar’ah (55) warga Kp. Cihideung RT 2/2 Desa Cipelang Cijeruk.

Suami korban, Adang menuturkan, istrinya berada dilokasi kejadian untuk membantunya bekerja menambang pasir sejak Pukul 10.30 Wib, dan tiba-tiba satu jam kemudian terjadi longsor yang menimpa korban. “Saat itu istri saya gak sempat menghindar”, ujarnya.

Para pekerja tambang dibantu warga sekitar, kemudian bahu membahu melakukan penggalian untuk mengevakuasi korban.

“Pada pukul 14.30 wib, korban berhasil dievakuasi warga menggunakan alat seadanya, setelah itu korban langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan”, ucap Camat Cijeruk, Bangun Septa Siswa, kepada Wartawan dilokasi kejadian.

Kejadian serupa juga pernah terjadi tahun lalu dilokasi yang sama dan memakan korban jiwa, namun aktifitas tambang pasir ilegal tersebut masih saja berlangsung hingga saat ini sebagai mata pencaharian warga, meski mengancam keselamatan jiwa.

(Nurman)