Perda Desa Wisata, Genjot Pembangunan Sektor Pariwisata Bulukumba

2

Bulukumba, — Peraturan Daerah (Perda) Desa Wisata Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan disebut Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, H. Andi Mattampawali AS, sebagai Perda Desa Wisata pertama, di belahan Indonesia Timur.

Hal tersebut diutarakannya kepada wartawan via pesan singkat whatsapp, hari, Jumat, (7/10) siang kemarin.

Dikatakannya rumusan peraturan daerah (Perda) desa wisata yang lahir dan tercipta dari inisiatif anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai hasil kolaborasi antara lembaga legislatif dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba ini akan menjadi produk regulasi baru dalam rangka untuk menggenjot percepatan pembangunan pariwisata di seluruh wilayah desa dan kelurahan yang tersebar di dua puluh empat desa di Kabupaten Bulukumba.

Regulasi ini dirumuskan dan disepakati bersama antara anggota DPRD dengan pemerintah kabupaten sebagai bentuk komitmen dalam kerangka untuk menyukseskan kebijakan pembangunan pariwisata Kabupaten Bulukumba.

Kesepakatan tersebut dibuat sebagai bentuk dukungan nyata terhadap kelancaran penyelenggaraan festival phinisi yang sedari dari tahun 2017 telah dinyatakan secara resmi lolos menjadi salah satu bagian dari COE (Calender Of Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) Republik Indonesia, tandas, H. Andi Mattampawali.

(Andi Fadly Daeng Biritta)