TPT Perum Mutiara Lido Ambrol, Diduga Dampak Galian Drainase

Lintas Daerah

Bogor, BERANTAS – Warga Perumahan Mutiara Lido, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kab Bogor, dan pengguna jalan yang melintas di jalur Pasar Cigombong, dikagetkan dengan robohnya Tembok Penahan Tanah (TPT) depan perumahan, pada Kamis pagi (15/9).

Warga setempat menduga, peristiwa tersebut sebagai dampak dari galian saluran air/drainase dibawah pondasi TPT.

“Waktu kejadian saya lagi ngerekam TPT yang kondisinya sudah retak dan miring karena pondasinya digali oleh pelaksana proyek drainase itu, dan tiba-tiba TPT itu roboh dan tanahnya longsor sampai ke jalan, untung gak ada korban jiwa. Pokoknya kami gak mau tau, pelaksana proyek harus bertanggungjawab”, ujar seorang ibu, warga Perum Mutiara Lido, yang identitasnya enggan dipublikasikan.

Kepala Desa Cigombong Heri Hendrawan, ketika dikonfirmasi oleh Wartawan Berantas melalui WhatsApp terkait peristiwa ini, tidak merespon. Demikian juga dengan pihak CV. Rizky Alief Putra selaku pelaksana proyek saluran air tersebut, yang memilih bungkam ketika dimintai keterangan.

Atas kejadian tersebut, warga sekitar menuntut dilakukannya penanganan segera, karena puing TPT dan tanah yang ambrol mengenai badan jalan sehingga mengancam keselamatan pengguna jalan.

(Nurman N)