Majelis Hakim PN Depok Vonis Bersalah Nenek Yossi Palsukan Surat Tanah

9

Depok, BERANTAS – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok yang dipimpin Nugraha, SH,MH dengan anggota Dipo, SH dan Fauzi, SH, dalam sidang yang digelar Rabu (31/8), memutus perkara dengan Terdakwa Yossi Rosada Soegeng (70).

Nenek Yossi dijatuhi vonis hukuman selama 3 bulan penjara dengan masa percobaan 6 bulan, karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemalsuan surat tanah.

Putusan perkara Nomor 373/Pid.B 2021/PN/Dpk tersebut, sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut umum Arif Safriyanto, SH dan Vina Inka Mellina, SH.

Sebagaimana diketahui, Nenek Yossi warga Jakarta beberapa waktu lalu nekat menjual sebidang tanah di Kp Sudi Mampir Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor milik Ny. Hj. Dewi Rasmani/ Ny. Yusna, berdasarkan sertifikat SHM No. 4477 atasnama Yusda (Dahulu SHM 149 tahun 1978 Persil 36), yang ditebusnya dari Bank BNI.

Diperoleh keterangan, bahwa Nenek Yossi memperoleh tanah tersebut dengan jalan memalsukan girik dengan bantuan oknum Desa Cimanggis, padahal tanah tersebut sudah bersertifikat atasnama Yusda.

Dalam putusan perkara yang dirilis sipp.pn-depok.go.id, Terdakwa Yossi Rosada Soegeng terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Dengan sengaja melakukan pemalsuan yang dapat menimbulkan hak dan merugikan orang lain”.

(YTM/Indrawan)