300 Warga Cidahu Antusias Jalani Rekaman e-KTP di Kantor Desa Pondokkaso Tengah

174

berantasonline.com (Sukabumi) – Pemerintah Desa (Pemdes) Pondokkaso Tengah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi membuat terobosan dalam pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari (05-06/04) yang bertempat di Kantor Desa Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu, Jum’at (06/04).

Menurut Deni, Kasubag Umum Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi membludaknya pemohon KTP di Kantor Disdukcapil, maka dilakukan langkah perekaman secara massal di tiap Desa.

“Ini akan sangat membantu masyarakat yang terkendala jarak dan waktu untuk membuat E-KTP, sekarang ada kebijakan perekaman E-KTP diserahkan ke Kantor Desa. Dan sudah dimulai perekaman massal per Desa, sebagai contoh Desa Pondokkaso Tengah yang membuka pelayanan pada hari ini” ungkapnya.

Lanjut Deni, kendala yang dihadapi untuk kegiatan ini adalah jaringan internet yang tidak stabil dikarenakan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Kepala Desa Pondokkaso Tengah, Agun Gunawan.

Kades Pondokkaso Tengah Agun Gunawan menambahkan, bahwa kegiatan ini sebetulnya sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, bahkan sudah menjadi program unggulan dalam masa kampanye Pilkades yang lalu, “sosialisasi kegiatan ini disampaikan ke setiap RT, bahkan disampaikan juga melalui pengeras suara dihampir tiap masjid sejak subuh tadi, alhasil hampir semua warga disetiap Desa yang ada di Kecamatan Cidahu berdatangan” ujarnya.

Meskipun kegiatan tersebut terkendala dengan adanya pemadaman listrik dari jam 12.30 hingga 16.30 wib tidak mengurangi antusias warga yang ingin melakukan perekaman E-KTP.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang belum mempunyai KTP dan terimakasih kepada Pemdes Pondokkaso Tengah telah memfasilitasi perekaman E-KTP, khususnya bagi saya sebagai pemula” ujar Ryan, salah satu warga kepada wartawan berantasonline.com.

Perekaman E-KTP selama dua hari tersebut diikuti sekitar 300 orang warga Kecamatan Cidahu yang berasal dari Desa Pondokkaso Tengah, Desa Jayabakti, Desa Tangkil. Bahkan ada yang berdomisili diluar Kecamatan Cidahu. (Ebi/Fajar)