Pelatihan Penggaraman Sistem Tunnel Dilaksanakan Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat

346

berantasonline.com (Krui, Lampung) – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat selama 5 (lima) hari terhitung dari tanggal 7/5 sampai 12/5 2018 melaksanakan kegiatan Pelatihan Penggarapan Sistem Tunnel bertempat di Kuala Stabas Krui.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang nelayan setempat dengan Tim Pelatih dari Balai Pelatihan dan Perikanan (BPPP) Tegal Jawa Tengah. Diperoleh keterangan, pelatihan penggaraman ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi garam dan menambah penghasilan nelayan serta merangsang agar nelayan di Kabupaten Pesisir Barat mau berusaha dibidang ini (penggaraman-red) mengingat begitu besarnya potensi kelautan yang ada di Pesisir Barat.

Menurut Ana Yuliana Penyuluh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ditugaskan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Barat kepada berantasonline.com, Jum’at (11/5) menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi garam serta menambah penghasilan para nelayan yang ada di Pesisir Barat karena selama ini nelayan di Pesisir Barat hanya bergantung pada hasil tangkapan melaut sama dengan penghasilan yang tidak menentu dan sangat tergantung pada cuaca.

Menurut rencana pelatihan tersebut akan ditutup oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Barat Hasnul Abror. (Benk/red.1)

Proses pembuatan penggaraman sistem Tunnal