Kecamatan Baros Kembali Gelar Sidang Terpadu Isbat Nikah Tahun 2022

1

Serang, BERANTAS –

Sidang Terpadu Isbat Nikah bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Serang, DKBP3A Kabupaten Serang, Disdukcapil Kabupaten Serang dan KUA Kecamatan Baros bertempat di aula Kantor Kecamatan Baros waktu jam 08,00 sampai dengan selesai hari Jumat 12/8/22.

Turut hadir Kapolsek Baros beserta jajarannya, Danramil Baros beserta jajarannya dan kepala desa sekecamatan Baros, yang teristimewa peserta isbat nikah beserta wali dan saksi nikah.

Dengan Motto “Melalui isbat nikah terpadu kita bantu hak dasar masyarakat, terutama yang tidak mampu dalam memperoleh layanan pencatatan perkawinan dan catatan kelahiran demi tertibnya administrasi perkawinan dan administrasi kependudukan “

Keterangan kasipem kecamatan baros ismar barbara, Isbat Nikah adalah pengesahan atas perkawinan yang telah di langsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi tidak di catat oleh KUA atau petugas pencatat nikah yang berwenang, maka kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam memperoleh pengesahan pernikahan yang memiliki kekuatan hukum, terangnya.

“Peserta kegiatan isbat nikah terdiri dari 70 pasang peserta dengan peserta dari masing-masing Desa sebanyak 5 pasang dari 14 desa sekecamatan Baros”, tambah Ismar Barbara.

Ibu Sri Rahayu Basukiwati, S.Sos.MSi, Camat Baros dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir memenuhi undangannya dan tidak luput kepada seluruh panitia pegawai kecamatan baros dan pihak lain yang telah parti sipasi dalam rangka mensukseskan acara ini juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Pelaksanaan isbat terpadu ini untuk memenuhi pasal 28 D, undang undang dasar 1945 yang telah di amandemen kan di sebutkan bahwa setiap orang berhak atas pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta berlaku yang sama di hadapan hukum.

“Selain itu mendekatkan layanan pada masyarakat yang membutuhkan proses demi tercapainya pelayanan maksimal bagi masyarakat sehingga menghasilkan penataan administrasi yang teratur kedepannya, dan juga diinformasikan kegiatan Isbat ini merupakan kegiatan setiap tahun dengan target 70 pasang dan harus tahu tanggal dan hari nikahnya, hal hal sepele itu harus diingat”, pungkas Camat Baros.

(RS)