Sidang Kasus Pengadaan Lampu Solar Cell Kab Sitaro Terus Bergulir, Terdakwa Akui Kesalahan

10

Sulut, BERANTAS – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado, pada Senin (18/7/2022) telah menggelar sidang yang ke 8 kali dalam kasus Korupsi Lampu Jalan Solar Cell Kab Sitaro TA 2020, yang menimbulkan kerugian Negara mencapai Rp 692.902.000.

Kedua terdakwa mantan Kadis PMD Sitaro, Net alias Erens Takalamingan, S.STP dan pihak ketiga penyedia barang/ jasa (rekanan) AM alias Alex, sudah masuk pada agenda sidang mendengarkan katerangan terdakwa, dan kedua terdakwa dihadirkan bersamaan dalam ruang sidang.

Dalam persidangan yang terbuka untuk umum itu, kedua terdakwa mengakui kesalahan dan terlihat kooperatif dalam menjawab setiap pertanyaan.

Majelis Hakim dalam persidangan tersebut diketuai Muhammad Alfi Sharin Usup, SH, MH.  Hakim Anggota Gleny Jacobus Lambert De Fretes SH, MH, Hakim Anggota Munsen Bona Pakpahan, SH, Panitera Marilyn, SH dan Pengacara terdakwa Jemy Saud, SH dan Nety Lerah SH.  

Usai persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Sitaro Supriyono Ginting, SH,MH ketika diwawancarai Wartawan mengatakan, kedua terdakwa telah mengakui kesalahan atas perbuatannya, “AM alias Alex telah mengembalikan Rp 100 Juta, dan tersangka Net alias Erens berusaha juga akan mengembalikan, hanya menunggu waktu”, ujar Jaksa Ginting.

Sidang akan dilanjutkan dua minggu mendatang dengan agenda pembacaan tuntutan bagi kedua terdakwa.

(Tampubolon)