Diusia 71 Tahun, Bustanul Daham Gigih Berjuang Dalam Dunia Pers

Lintas Daerah

Bogor, BERANTAS

Nama lengkapnya Drs. H. Bustanul Daham, M.Si, bertepatan dengan kegiatan Temu Kangen dan Silaturrahmi Masyarakat Perantau asal Pesisir Barat Lampung hari Minggu 3 Juli 2022, dia didaulat naik panggung dikawal rekan rekannya memotong kue sambil menyanyi bersama lagu Ulang Tahun. Selain itu diberi karikatur foto didampingi sang isteri Ibu Hj. Umi Salamah. Bustanul Daham hari itu genap 71 tahun.

Bustanul Daham kelahiran Krui Lampung 3 Juli 1951, aktif menekuni dunia jurnalis sejak tahun 1979 pertama menjadi koresponden Harian Lensa Generasi Jakarta selama 2 tahun dan mulai tahun 1981 hingga tahun 1995 dia betengger di Harian Sinar Pagi Jakarta, ditempat ini dia ditempa dan mendapat berbagai penugasan di dalam negeri.

Bustanul Daham menempuh pendidikan terakhir pada Pasca Sarjana Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Satyagama Jakarta tahun 2000 dan berbagai pendidikan keterampilan Jurnalistik dilaluinya termasuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Dewan Pers dan PWI.

Bubar dari Harian Sinar Pagi tahun 1995 yang membesarkannya bukan berarti karir jurnalistiknya selesai, tetapi Bustanul Daham melanjutkan pengabdiannya di Surat Kabar Mingguan Bahari Semarang, kemudian pindah ke Harian Jakarta di Jakarta dan Harian Media Nasional Jakarta hingga tahun 2006. Pada tahun 2007 Bustanul mendirikan Surat Kabar Minggu Suara Massa berjalan setahun kemudian mendirikan Koran Berantas dan pada tahun 2018 mendirikan Berantasonline.com sebagai Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi hingga sekarang ini.

Bustanul Daham tidak hanya aktif dibidang Jurnalistik, tetapi berkiprah juga dalam Organisasi Kepemudaan KNPI, Pemuda Pancasila dan terakhir sebagai Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor. Aktif mendirikan organisasi perantau dari Lampung dengan jabatan terakhir selaku Ketua Dewan Pembina Keluarga Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat Krui Lampung (KMKPB-KL) dan sebagai Pembina Keluarga Masyarakat Krui Lampung (KMKL) Jabodetabek. Selain itu, Bustanul Daham selama 5 tahun menjabat sebagai Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Samsul Ulum Sukabumi.

Kini Bustanul Daham mengemban tugas sebagai Ketua Umum PP Sekretariat Bersama Wartawan Media Online (Sekber WMO) Wadah Pemersatu Jurnalis Media Siber yang bermarkas di Jl Raya Jakarta-Cibinong Km 48 Nanggewer Bogor.

Bustanul Daham memiliki 7 orang putra dan putri serta 13 orang cucu. Diusianya yang tidak muda lagi, tetapi semangat juang sebagai jurnalis dan organisator, Bustanul Daham tetap berkiprah. Selamat berjuang dan panjang umur.

(Red.2)