FKDM Berperan Mengantisipasi Gangguan Keamanan

25

Bogor, BERANTAS

Dalam mengantisipasi kewaspadaan menurut Staf Ahli Walikota Bogor H.Shahlan Rasyidi, pendeteksian dan pencegahan dini adalah sebagai usaha atau kegiatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, untuk mendeteksi dan mencegah permasalahan dalam pengaruh penyelenggaraan pemerintahan.

Maka, keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) merupakan wahana bagi elemen masyarakat, maka berdirinya FKDM dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat sangat penting. “Saya harap peran dan antisipasi terjadinya gangguan keamanan FKDM harus berperan” kata Shahlan Staf Ahli Wali Kota bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan.

Saat memberikan arahan sekaligus membuka rapat kerja FKDM, Pembekalan Kader Intelijen Dalam Kewaspadaan Dini Masyarakat di Hotel Pangrango 3, Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (20/12/2021).

“Hemat saya, mengingat pentingnya Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) ini, maka sejalan dengan peran vital dari FKDM sebagai bentuk kewaspadaan dini di wilayah yang meliputi deteksi, identifikasi, menganalisa dengan, penafsiran, dan memberikan informasi serta memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG di daerah,” jelas Shahlan.

Mengenai fungsi kewaspadaan dini daerah sendiri, agar meningkat kan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum serta peningkatan koordinasi dan sinergitas antar perangkat daerah”, imbuh Shahlan

“Kewaspadaan dini daerah dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat. Pentingnya pembinaan dan pemeliharaan ketentraman serta ketertiban masyarakat untuk menjaga stabilitas di daerah kabupaten/kota, dengan berkoordinasi perangkat daerah Kabupaten/Kota. Penyelenggaraan kewaspadaan dini di daerah dikoordinasikan dengan para Camat dalam penyelenggaraan kewaspadaan dini di kecamatan,” papar Shahlan.

Masih kata Shahlan, kewaspadaan dini di kecamatan menjadi tugas dan tanggung jawab camat selaku tugas dan tanggung jawabnya pembinaan dan pemeliharaan ketentraman wilayah.

Disamping itu tampak hadir Ketua BIN Kota Bogor Cecep, Kepala Badan Kesbang Kota Bogor H Endang serta dari Kodim 0606/Kota Bogor.

(Ii Syafri)