Hj. Nurhasanah Raih Penghargaan Sebagai Perempuan Politik Sumbagsel Tahun 2021

Lintas Daerah

Jakarta, BERANTAS

Srikandi TP (Tenaga Pembangunan) Sriwijaya bersama Tenaga Pembangunan Sriwijaya menggelar peringatan hari ibu ke-93 dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, di Gedung Serba Guna DPR-RI Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (21/12).

Dalam sambutan sekaligus laporan perayaan peringatan hari ibu tersebut, Ketua Panitia, Hj. Karlena, SE, MM, yang menyebut akan menjalankan visi Srikandi TP. Sriwijaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perempuan dan anak untuk Indonesia maju.

“Saat ini sudah terbentuk
di Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, yang disingkat, BELANJASUMBA,” terang Karlena.

Adapun tujuan lain acara ini, menurut Karlena untuk meningkatkan pemahaman Srikandi TP. Sriwijaya khususnya kaum perempuan dalam memahami tentang tombak sejarah perjuangan perempuan, dan TP Sriwijaya lebih percaya diri serta dapat membanggakan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tenaga pembangunan Sriwijaya, Ir. H. Ahmad Irfan mewakili Ketua Umum, dalam sambutanya mengatakan hari ibu merupakan simbol kebangkitan dan perjuangan seorang ibu dalam menjaga keutuhan keluarga.

“Setiap kali perayaan hari ibu adalah momentum untuk mengingatkan kembali agar dapat terus memperjuangkan hak perempuan itu sendiri. Diantaranya, terbebas dari kekerasan dalam rumah tangga, memperoleh keadilan dalam kehidupan sehari-hari temasuk keseteraan dalam pekerjaan. Sehingga, acara peringatan hari ibu setiap tahunnya dapat memberikan magna yang berarti bagi kaum perempuan,” imbuh Ahmad Irfan.

Adapun Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya, Hj. Nyimas Aliah yang dalam sambutan sekapur sirih menegaskan rasa syukurnya. Sebab dapat melaksanakan acara peringatan hari ibu tahun ini secara offline.

Dalam sambutannya, Hj. Nyimas Aliah mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan, nara sumber, dan media yang mau meluangkan waktu menghadiri kegiatan yang diinisiasi Srikandi TP Sriwijaya.

“Saya hanya ingin mengingatkan serta menambahkan terkait visi dari Srikandi TP Sriwijaya, yakni, berperan aktif meningkatkan sumber daya manusia perempuan dan anak untuk Indonesia maju, yang dijabarkan dalam program jangka pendek, menengah dan jangka panjang dapat berjalan baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Hj Nurhasanah, SH., MH selaku Ketua Pangda TP Sriwijaya Lampung mendapat penghargaan perempuan berprestasi sebagai Perempuan Politik Sumbagsel tahun 2021. Selain aktif di organisasi Hj Nurhasanah, SH., MH juga merupakan anggota DPRD Provinsi Lampung Komisi III. Selain itu menjabat sebagai Sekjen Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Pusat 2016 – 2021.

Seperti diketahui, Srikandi TP Sriwijaya yang merupakan organisasi sosial yang berfokus kepada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, mengadakan Pelatihan Perempuan Pegiat Perdamian yang ditujukan kepada para anggota Srikandi TP Sriwijaya agar menjadi Srikandi Pegiat Perdamian didalam keluarga maupun di lingkungannya.

Pelatihan Perempuan Pegiat Perdamaian sudah dilaksanakan secara on line maupun off line. Dan dalam rangkaian ini Srikandi TP Sriwijaya telah mencanangkan 16 Hari tanpa kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dicanangkan di Bantar Gebang Bekasi pada tanggal 25 November 2021 lalu.

Dalam kemeriahan Peringatan Hari Ibu tahun ini, diadakan fashion show kain dari Belajasumba dan bazar UMKM Srikandi.

Pada kesempatan itu Srikandi TP Sriwijaya melalui Srikandi Pegiat Perdamaian menandatangani deklarasi yang berkaitan dengan isu perempuan dan anak, sebagai bukti dukungan organisasi terhadap program pemerintah.

(Meidina)