Hari HAM Sedunia, Lapas Tahuna Raih Penghargaan

Advertorial

Sangihe, BERANTAS

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna mengukir prestasi dalam rangka upaya pemenuhan HAM (Hak Asasi Manusia). Lapas Tahuna merupakan salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang meraih Bupati Sitaro Lantik 11 Kapitalau Terpilih Sewilayah Siau “Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2021”,.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-73 yang dipusatkan di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM dengan tema “EQUALITY; Reducing Inequalities, Advancing Human Rights” ini ditayangkan secara virtual melalui aplikasi zoom. Turut hadir Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno, mengikuti kegiatan ini melalui teleconference di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara.

Sebanyak 815 peserta zoom dari seluruh wilayah di Indonesia mengikuti acara puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-73 ini.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengungkapkan, hari Hak Asasi Manusia diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 10 Desember terutama untuk merayakan titik awal kesadaran umat manusia tentang pentingnya pengakuan terhadap hak-hak dasar manusia di mana pun berada. Pengakuan yang dirumuskan dalam deklarasi universal Hak Asasi Manusia dengan satu kalimat kunci “semua manusia setara dalam hak dan martabat”.

Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM ini di serahkan secara langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Jonny Pesta Simamora kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna.

Kepala Lapas Tahuna, Suharno, mengapresiasi penghargaan ini dan berharap agar prestasi yang telah diraih tersebut dapat dipertahankan serta lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

“Alhamdulillah, kita dapat mengukir prestasi dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) tahun ini. Terima kasi kepada seluruh pegawai Lapas Tahuna yang telah bekerja keras dan berpartisipasi dalam pelayanan publik. Saya berharap kita dapat mempertahankan prestasi ini dan ditingkatkan lagi ke depannya,” ungkap Kalapas.(Tampu/dry).