DPMP Pesibar; BUMdes Harus Libatkan Kajian Tenaga Ahli Demi Kemajuan Usaha

Lintas Daerah

Berantasonline.com LAMPUNG

Kabid pengembangan partisipasi masyarakat dan usaha ekonomi pekon DPMP Pesisir Barat Hendri setiawan, beharap kedepannya Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dapat meningkatkan kemampuan dibidang usaha dan manajemen. Dengan demikian diharapkan BUMdes dapat berjalan maksimal, berkembang dan maju.

Kenapa demikian? menurut Hendri dengan berkembang dan majunya BUMdes, diharapkan kedepanya bisa menjadi salah satu sumber tambahan pembiayaan pembangunan di desa, ujarnya.

Harapan tersebut disampaikan Hendri Setiawan saat di temui dikantor DPMP Pesibar, Jum’at (10/12/2021).

Sementara terkait adanya sebagian BUMdes di kabupaten Pesisir Barat yang usahanya tidak jalan bahkan mati suri, Hendri berharap kepada seluruh peratin kedepanya sebelum mengalokasikan Dana Desa untuk BUMdes sebaiknya memerintahkan pengurus BUMdes membuat proposal pengajuan dana berikut rincian usaha yang akan dijalankan serta besaran dana yang dibutuhkan dengan melakukan kajian kajian sebelumnya.

“Di setiap pekon kan ada namanya Pendamping Desa (PD) Pendamping Lokal Desa. (PLD) dengan melibatkan kajian kajian para tenaga Ahli ini, diharapkan BUMdes yang terbentuk bisa berkembang dan maju.

Jangan asal alokas dana saja, kalau asal alokasi saja ya buktinya seperti sekarang, BUMdes tidak berkembang bahkan kolap, sayangkan dana yang sudah dialokasikan. Karena menurut Hendri, BUMdes ini kalau dikelola dengan baik akan jadi Sumber pendapatan desa yang akan membantu ekonomi ditingkat desa itu sendiri.

Disampaikan juga oleh Hendri, kedepanya pihak DPMP Pesisir Barat sudah mengusulkan ke dinas PMD provinsi Lampung agar BUMdes yang ada di Pesisir Barat bisa membuka usaha menjadi agen pupuk bersubsidi. Selain sebagai salah satu usaha yang menjanjikan juga sebagai upaya membantu memudahkan para oetani dalam mendapatkan pupuk. mengingat masyarakat kita mayoritas petani jadi secara otomatis banyak membutuhkan pupuk. Pungkasnya.

(Benk)