Tinjau Vaksinasi Door to Door, Puan Disambut Warga Sampai Dibekali Oleh-oleh Kerupuk dan Asinan

Lintas Daerah

Bogor, BERANTAS

Ketua DPR RI Puan Maharani hari ini meninjau vaksinasi door to door yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Selain meninjau vaksinasi, Puan juga sekaligus mengunjungi beberapa UMKM.

Puan meninjau vaksinasi door to door bersama Kepala BIN Budi Gunawan di RW 11, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021). Saat datang, Puan disambut oleh sejumlah anak-anak di lokasi.

“Selamat datang Ibu Puan,” ujar anak-anak tersebut.

Puan pun membagikan buku dan alat tulis untuk anak-anak yang berada di lingkungan lokasi vaksinasi door to door. Kemudian perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mendatangi rumah-rumah warga yang menjalani vaksinasi.

“Anaknya sudah semua divaksin? Bapak, ibunya semua yang di rumah juga sudah? Pokoknya ajak semua, om dan tantenya, semua divaksin supaya sehat,” ungkap Puan.

Permukiman warga yang didatangi Puan berada di pinggiran Setu. Daerah tersebut menjadi sentra UMKM kerupuk sehingga Puan sekaligus ikut melihat proses pembuatannya.

Kepada salah seorang pemilik usaha kerupuk bernama Ilyas, Puan bertanya bagaimana bisnis penjualan kerupuk yang biasanya didistribusikan ke pasar-pasar. Mengingat banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Masih laku bu, ini saya usaha sudah turun temurun,” kata Ilyas.

“Alhamdulillah ya masih laku. Sehat-sehat terus ya pak,” timpal Puan.

Kemudian salah seorang warga menghampiri dan meminta Puan untuk mampir ke rumahnya. Sebab sang ibu yang sudah berusia lanjut berharap bisa bertemu dengan mantan Menko PMK tersebut.

“Oh iya ibu Assalamualaikum, sehat-sehat ya ibu. Emang ibu-ibu tahu saya siapa?” tanya Puan saat mendatangi rumah warga yang menghampirinya.

“Tahu dong ibu, Ibu Puan Maharani Ketua DPR RI,” jawabnya.

Puan pun menggoda perempuan tersebut dengan bertanya apakah baru tahu soal dirinya karena Puan hendak datang. Sang ibu mengatakan ia sudah lama mengetahui sosok Puan.

“Enggak ibu sudah dari dulu. Dari saya sekolah sudah tahu, kan anaknya Ibu Megawati,” ujar warga itu.

Puan juga meninjau pos kesehatan BIN yang tak hanya melayani vaksinasi, tapi juga tes antigen gratis. Kepada warga, ia mengingatkan pentingnya untuk terus menjaga protokol kesehatan.

Bersama Budi Gunawan, mantan Menko PMK tersebut mengelilingi kompleks RW 11 Kelurahan Karadenan. Di lokasi ini, petugas kesehatan bahkan mendatangi tempat pemancingan untuk mengajak masyarakat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Saat Puan sedang meninjau vaksinasi di dekat pemancingan, ia didatangi seorang warga penjual asinan bernama Nenah. Warga perempuan itu memberikan asinan dagangannya untuk Puan sebagai oleh-oleh.

Nenah bersama sejumlah warga juga mengabadikan momen Puan yang berkunjung ke lingkungan rumah mereka. Puan pun bertanya apakah warga mengenal dirinya hingga sampai memberikan oleh-oleh makanan.

“Tahu dong Bu Puan, kan penggemar. Tahu banget bu. Sukses terus ya Bu Puan,” tutur salah satu warga.

“Terima kasih. Jangan lupa vaksin ya,” kata Puan.

Dalam beberapa kesempatan, Cucu Proklamator Bung Karno itu juga diberi kerupuk berondong oleh sejumlah pemilik UMKM. Puan pun sempat mendatangi bengkel variasi mobil milik warga bernama Faisal yang dijual secara online.

“Semoga usahanya lancar terus ya. Tetap semangat,” sebutnya.

Selain berbincang dengan warga, Puan juga berdiskusi dengan para tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator pada program vaksin door to door di RW 11 Kelurahan Karadenan, Cibinong. Ia mengapresiasi langkah BIN yang menjemput bola dalam upaya percepatan vaksinasi.

“Kami di DPR akan terus mendukung proses-proses yang dilakukan bersama seluruh elemen bangsa ini,” tutup Puan.

(Red.1)