Satgas Yonif Raider 715/Motuliato, Berhasil Sebagai Satgas Terbaik RI-PNG Semester II 2021

296

Gorontalo-Berantasonline.com

Danbrigif 22/Ota Manasa, Letkol Inf Made Sandy Agusto menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan Satgas Yonif R 715/MTL dalam melaksanakan tugas operasi di Wilayah Papua. Hal tersebut disampaikan saat menyambut kedatangan gelombang terakhir Satgas Yonif R 715/Mtl sejumlah 171 personel yang terbagi dua penerbangan dibawah pimpinan Dansatgas, di Bandara lama Djalaludin – Gorontalo,
Kamis (09/9/2021).

“Kepercayaan bangsa dan negara serta pimpinan TNI AD kepada Batalyon Infanteri Raider 715/Motuliato untuk menunaikan tugas sebagai Satgas Operasi Penyangga Mobile RI-PNG tentu sangatlah beralasan dari berbagai penugasan operasi, Prajurit Yonif R 715/MTL selama ini menunjukkan hasil yang gemilang. Terangnya.

Sementara itu Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif Raider 715/Motuliato Letkol Inf Agus Ariyanto melalui Komandan Seksi Markas Batalyon (Dansimayon) Sersan Satu Alfius bahwa, Diantara 6 (enam) Satgas jajaran Koopsgab Pinang Siri yang melaksanakan tugas operasi di Papua Semester II (dua) tahun 2021, Yonif R 715/MTL berhasil menunjukkan yang terbaik sehingga dinobatkan sebagai satgas Peringkat I (satu) dengan indikator penilaian keberhasilan: 1. Mampu mencari posisi sasaran, 2. Mampu mendekati sasaran, 3. Mampu menghancurkan sasaran, 4. Mampu merebut, menduduki dan menguasai suatu wilayah yang dikuasai oleh kelompok seperatis terorisme, 5. Mampu meyakinkan kepada masyarakat bahwa wilayah tersebut telah direbut dan dalam penguasaan aparat.

Ia juga menyampaikan, rasa syukurnya karena selama melaksanakan tugas yang diembannya telah meraih prestasi yang membagakan sehingga Yonif R 715/Mtl diajukan oleh pimpinan untuk diberikan penghargaan berupa kesempatan sebagai mainbody satgas luar negeri tahun 2022 dan mengikutsertakan personel Tim Khusus Koopsgab Pinang Siri Sebagai bagian dari satgas tersebut.

“Kami patut bersyukur karena telah selesai mengemban tugas yang amanahkan kepada satuan Yonif R 715/Mtl oleh TNI-AD untuk melaksanakan tugas di wilayah papua dan dianggap berhasil sehingga di ajukan untuk melaksanakan tugas luar negeri, Ungkap Dansimayon.

Selain itu, mengutip arahan Dansatgas, dirinya juga akan segera melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap peralatan maupun persenjataan, serta perlengkapan material lainnya yang telah digunakan selama melaksanakan tugas operasi. Peralatan tersebut, kata dia, harus dalam keadaan siap dan dapat digunakan kembali guna menunjang pelaksanaan tugas pokok selanjutnya di masa yang akan datang.

(IDR)