2 Nagari Wisata di Agam Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Lintas Daerah

Agam, BERANTAS

Dari 1.831 Desa Wisata seluruh Indonesia yang ikut mendaftar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Dua Nagari (Desa Adat) di kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masuk daftar 100 besar dalam ADWI tahun 2021 yang diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Dari seluruh provinsi di Indonesia berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data yang didaftarkan melalui website jadesta.com. Dua nagari yang masuk top 100 yakni Nagari Lawang, Kecamatan Matur dan Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya.

Bupati Dr. H. Andri Warman saat mengunjungi Desa Wisata di Nagari Lawang, Minggu (22/8/2021) mengatakan, ini pencapaian yang membanggakan. Artinya Kabupaten Agam khususnya desa wisata di Lawang dan Sungai Batang semakin dikenal hingga tingkat nasional. Ini bisa menjadi semangat kita untuk lebih meningkatkan dan memajukan sektor pariwisata di Agam.

Bupati berharap, masyarakat dapat terus memanfaatkan potensi yang ada di desanya, agar bermanfaat dan bernilai ekonomi untuk kemajuan daerah. Sehingga kehadiran Desa Wisata dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Harapan kita, setelah ini Lawang dan Sungai Batang terus masuk nominasi terbaik di tingkat nasional,” ucap bupati.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria, saat dikonfirmasi, mengatakan ADWI tahun 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa (nagari) wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Lanjut, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Desa Digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet, ungkapnya.

(Delco.F, S.IP)