Jenazah Corona Dimakamkan Tanpa Prokes

Lintas Daerah

Agam Sumbar-BERANTAS

Seorang pasien suspek Corona atau COVID-19 di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dimakamkan tanpa protokol kesehatan (prokes) Jenazah hanya disandang dengan cara biasa. Belakangan diketahui yang bersangkutan positif terkena COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian yang dihubungi Berantasonline.com Sabtu (14/8/2021) membenarkan pemakaman jenazah Covid-19 di Lubuk Basung, Jumat (13/8/2021) tanpa menjalankan prokes pemakaman jenazah Covid-19.

Jenazah ini berasal dari RSSP Padang, keluarganya berada di Lubuk Basung. Karena keluarga jenazah orang Lubuk Basung, makanya jenazah dibawa keluarganya ke Lubuk Basung, tapi ketika jenazah akan dibawa ke Lubuk Basung, tidak ada koordinasi dengan tim covid Kabupaten Agam di Lubuk Basung, sehingga tim tidak siap.

Keluarga jenazah covid-19 tersebut, baru memberi tahu ketika jenazah sampai di Pasar Balai Selasa Lubuk Basung barulah datang telpon bahwa jenazah covid dari RSSP sudah sampai di Pasar Balai Selasa Lubuk Basung.

Seharusnya sebalum jenazah dibawa, pihak RS SP manelpon dulu ke RSUD Lubuk Basung atau ke Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, agar tim RSUD atau Dinkes Agam dapat menunggu jenazah dan serah terima jenazah, sementara kasus yang Jumat (13/8/2021) kemaren itu, kami RSUD/Dinkes/Puskesmas tindak dihubungi pihak RSSP.

“Sudah saya konfirmasi dengan RSUD Lubuk Basung, dan Kepala Puskesmas Lubuk Basung, ternyata tidak ada koordinasi. Tentu saja kami tidak mengetahui permasalahan tersebut, sementara keluarga almarhumah menghubungi saya jenazah telah tiba di Balai Salasa.

Namun saya tetap mencoba kondisian dengan tim RSUD dan Puskesmas Lubuk Basung, tapi tim tidak siap lagi, karena waktunya mepet”, itulah kejadian kasus Jumat (13/8/2021) itu, karena miss komunikasi saja, ungkapnya.

(Delco Fitril, S. IP)