2400 KM Run To Rebuild, Ajang Galang Dana Untuk Korban Gempa dan Tsunami Lombok-Palu

170

Berantasonline.com (BOGOR) – Aksi atlet endurance Indonesia, Hendra Wijaya yang akan berlari dari Bogor ke Lombok dan berlanjut ke Palu untuk menggalang donasi bagi korban bencana alam di Palu dan Lombok dalam aksi bertajuk ” 2400 KMRun To Rebuild ”

Hendra menuturkan, dia menargetkan akan menyelesaikan lari sejauh 2.400 kilometer itu dalam waktu 24 hari yang dibagi dalam dua etape.

Dia menjelaskan Etape pertama dimulai dari Bogor menuju Lombok pada 17 November-1 Desember dan etape kedua Makassar menuju Palu 15 Desember-23 Desember.

“Targetnya sesuai rencana 2400 kilometer, 1500 kilometer Bogor ke Lombok, 900 kilometer Makassar ke palu setiap hari saya targetkan menempuh jarak 100 kilometer jadi 24 hari 2400 kilometer,” ujar Hendra di Balai Kota Bogor, Sabtu (27/10/2018).

Hendra menargetkan, 100 kilometer dalam satu hari dapat dicapai dalam waktu kurang dari 18 jam. Target ini sebelumnya pernah ia capai dalam perlombaan lari yang telah ia ikuti.

“Saya akan lakukan ini seperti lomba kalau di lomba biasanya 100 kilometer itu 18 jam dan saya berusaha supaya bisa dibawah itu supaya saya punya waktu yang lama untuk beristirahat,” kata Hendra.

Meski telah terbiasa berlari mendaki gunung berlari di jalanan juga akan memiliki kesulitan tersendiri diantaranya adalah tidak adanya kesempatan berlama-lama untuk mengambil nafas.

“Lari di gunung dan di jalan punya kesulitan masing-masing kalau kita lari di jalan kaki kita selalu bertumpuk di jalan kalau di gunung pas tanjakan bisa jalan kaki, bisa ambil nafas tapi saya akan manfaatkan waktu saat beristirahat seperti saat sholat untuk mengatur nafas,” kata Hendra.

Sementara itu Projects Manager Run To Rebuild, Jefri Ricardo mengatakan pihaknya akan menyediakan tim medis untuk berjaga-jaga selama Hendra berlari di setiap medan yang ia lalui.

“Setiap harinya Hendra akan berlari dimulai pukul 6 pagi dan diharapkan maksimal pada pukul 12 malam target 100 kilometer per hari tercapai dan Hendra sudah bisa beristirahat untuk kemudian besoknya dilanjutkan terus seperti hari sebelumnya,” kata Jefri.

Dia berharap aksi solidaritas untuk Palu dan Lombok ini berjalan lancar dan mengundang banyak masyarakat yang terketuk hatinya untuk berdonasi sehingga target total donasi yang ditetapkan yakni 2,4 miliar dapat tercapai bahkan melebihi target.
(DG79)