Reses Dewan Di Babakan Madang Bermunculan Soal Pemerataan Pembangunan

Lintas Daerah

berantasonline.com (Bogor) – Masa Reses Persidangan 1 DPRD Kabupaten Bogor Tahun 2019-2020 di Kecamatan Babakan Madang, Jumat (20/12), bermunculan usulan bidang insfrastruktur dan kesenjangan sosial dalam pemerataan pembangunan.

Dalam reses tersebut banyak pengajuan masyarakat baik dari peserta dari Pemerintah Desa maupun Kecamatan, diantaranya pembangunan Kantor dan Rumah Dinas Kecamatan, peningkatan Rumah Sakit Cijayanti dengan Sentul, serta pelebaran Jalan Bojong Koneng, Karang Tengah menuju ke objek wisata.

Camat Babakan Madang Cecep Imam Nagarasid, SE, M.Si dalam keterangannya mengatakan, Kantor dan Rumah Dinas itu sudah beberapakali pergantian Camat diusulkan, namun alasan dari Pemerintah Daerah setatus tanah yang tidak jelas.

Tadi saat rapat reses saya minta kepada tokoh masyarakat Babakan Madang H.Mahtum Wijaya termasuk dari Anggota Dewan Kukuh Seri Widodo agar menjelaskan tanah tersebut telah diserahkan dari Sentul City ke Pemerintah Daerah.

“Jadi intinya setatus atau kepemilikan tanah dari Sentul ke-Pemerintah Daerah sudah tidak ada masalah,” ujar Cecep Imam kepada sejumlah Wartawan usai memimpin rapat reses, sebagi forum untuk menampung aspirasi rakyat.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajukan untuk peningkatan Rumah Sakit Desa Cijayanti dengan Desa Sentul.

“Kami minta peningkatan rumah sakit yang ada rawat inapnya untuk bersalin, itu yang jadi prioritas pembangunan tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Kemudian, lajut Cecep, pelebaran Jalan Bojong Koneng dan Jalan Karang Tengah menuju ke objek wisata.

“Tadikan permasalahnya disampaikan bahwa ketika Pemerintah Daerah sudah mengangarkan ternyata Wisata Wahana Indah (WWI) menolak, tentunya ini harus di bicarakan, kebetulan tadi pak ketua Dewan akan memfasilitasi dengan pihak WWI, mudah-mudahan nanti ada jalan keluar,” tuturnya.

Lebih lanjut Cecep Imam menjelaskan, pengajuan tersebut adalah pengajuan tahun 2019 yang tidak terealisasi, hanga sampai saat ini tidak ada kepastian. “Makanya kita perkuat kembali agar usulan prioritas ditetapkan oleh Kecamatan Babakan Madang menjadi prioritas utama untuk pembangunan kedepan,” imbuhnya.

Ia berharap, usulan tersebut bisa secepatnya di realisasi, sesuai apa yang di tetapkan pada 2018-2019. “Mestinya tahun 2019 ini sudah dilaksanakan. Karena Saya yakin tiap-tiap Camat yang telah duduk menjabat Camat disini untuk pembangunan kantor selau di usulkan, namun jawabannya selalu beralasan setatus lahan belum diserahkan dari pihak Sentul City ke-Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Dengan adanya pertemuan ini bisa membuka permasalahan tersebut. “Intinya bahwa setatus lahan telah diserahkan dari Sentul kepada Pemerintah Daerah,” papar Cecep.

Senada dengan Camat Babakan Madang, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, pihaknya merespos semua yang di usulkan masyarat. Diantaranya pembangunan Kantor dan Rumah Dinas Kecamatan, peningkatan Rumah Sakit Cijayanti dengan Sentul, serta pelebaran Jalan Bojong Koneng, Karang Tengah menuju ke-objek wisata.

Sementara untuk pembangunan Kantor dan Rumah Dinas Kecamatan, kata dia, pihaknya akan memastikan dulu terkait hal tersebut. “Tadi saya tanya ke pak Camat katanya sudah di serahkan pasos pasum dari Sentul City, tadi tokoh masyarakat dan pak Kades beritanya katanya suratnya belum ada. Lebih baik saya cek dan pastikan kalau memang sudah pasti segera kita angarkan di 2021,” pungkas Rudy.

(Sam)